Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Tanggul Sungai Ambrol, Bangunan Sekolah Terancam Rusak

Kompas.tv - 31 Januari 2024, 16:43 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KULONPROGO, KOMPAS.TV - Ambrolnya tanggul di Pedukuhan Wonosidi Kidul, Kalurahan Wates, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, terjadi pasca banjir yang terjadi pada Senin (29/1/2024). Curah hujan yang tinggi membuat aliran Sungai Serang menggerus tanggul hingga ambrol.

Akibat kejadian ini, akses jalan warga dan pelajar dari sejumlah sekolah terpaksa dialihkan. Jalan akses ini juga ditutup warga, karena kondisi yang juga ambles dan retak sepanjang 50 meter.

Tak hanya itu, tembok di sejumlah ruang kelas di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kulonprogo juga terjadi keretakan dan memaksa pihak sekolah untuk merelokasi siswa di ruangan lain yang posisinya jauh dari bangunan yang terancam longsor. Meski membahayakan, laporan pihak sekolah ke BBWS hingga kini belum ditindaklanjuti.

“Itu tanggul yang longsor berdekatan dengan ruang kelas, sehingga itu mengancam hingga dua ruang kelas. Khawatir iya, karena selain longsor di sisi barat juga banjir, jadi kami sudah pindah ke unit dua,” jelas Muhammad Nur Kholis, Waka Humas MAN 2 Kulonprogo.

Setidaknya terdapat dua ruang kelas yang terancam akibat ambrolnya tanggul di belakang sekolah. Warga dan pihak sekolah berharap agar kerusakan tanggul dapat segera diperbaiki, mengingat curah hujan yang masih tinggi dan mengancam jalan dan sekolah jika banjir kembali terjadi.

#yogyakarta #banjir #kulonprogo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x