Kompas TV regional berita daerah

BMKG Imbau Warga Waspadai Gelombang Tinggi di Laut Selatan Jawa Barat dan DIY

Kompas.tv - 28 Januari 2024, 18:03 WIB
bmkg-imbau-warga-waspadai-gelombang-tinggi-di-laut-selatan-jawa-barat-dan-diy
Ilustrasi: Warga melihat gelombang tinggi di dermaga Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Beba, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Minggu (26/2/2023). ANTARA FOTO/Arnas Padda/foc/pri. (Sumber: ANTARA/ARNAS PADDA)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

CILACAP, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memberikan peringatan kepada semua pengguna jasa kelautan untuk tetap waspada terhadap potensi gelombang tinggi yang akan terjadi di laut selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 28-29 Januari 2024.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo menjelaskan, hasil analisis menunjukkan bahwa ketinggian gelombang di laut selatan Jabar hingga DIY memiliki potensi mencapai 2,5-4 meter atau dikategorikan sebagai gelombang tinggi.

Daerah yang berpotensi mengalami gelombang tinggi melibatkan perairan selatan Sukabumi, selatan Cianjur, selatan Garut, selatan Tasikmalaya, selatan Pangandaran, selatan Cilacap, selatan Kebumen, selatan Purworejo, dan perairan selatan Yogyakarta. 

Termasuk di dalamnya adalah Samudra Hindia selatan Sukabumi, selatan Cianjur, selatan Garut, selatan Tasikmalaya, selatan Pangandaran, selatan Cilacap, selatan Kebumen, Samudra Hindia selatan Purworejo, dan Samudra Hindia Yogyakarta.

Baca Juga: Siaga Darurat Banjir, BPBD Kota Banjarbaru Tugaskan Personel Selama 24 Jam

Penyebab potensi gelombang tinggi ini adalah pola angin di wilayah selatan Indonesia yang cenderung bergerak dari arah barat laut-barat daya dengan kecepatan angin mencapai 6-25 knot.

Kecepatan angin yang tinggi dan searah dapat meningkatkan ketinggian gelombang laut.

"Berdasarkan analisis, tinggi gelombang di laut selatan Jabar hingga DIY berpotensi mencapai kisaran 2,5-4 meter atau masuk kategori tinggi," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Jateng, Minggu.

Teguh juga menekankan pentingnya bagi semua pengguna jasa kelautan untuk memperhatikan risiko gelombang tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

Menurutnya, kecepatan angin di atas 15 knot dan ketinggian gelombang di atas 1,25 meter dapat membahayakan perahu nelayan.

Sementara kecepatan angin di atas 16 knot dan ketinggian gelombang di atas 1,5 meter dapat membahayakan tongkang.

"Terkait dengan hal itu, kami mengimbau seluruh pengguna jasa kelautan untuk memerhatikan risiko tinggi gelombang terhadap keselamatan pelayaran," katanya.

Lebih lanjut, kecepatan angin di atas 21 knot dan ketinggian gelombang di atas 2,5 meter dapat membahayakan kapal feri.

Sementara kecepatan angin di atas 27 knot dan ketinggian gelombang di atas 4 meter dapat membahayakan kapal besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar.

Teguh juga memberikan imbauan khusus kepada wisatawan pantai selatan Jabar hingga DIY untuk tidak melakukan aktivitas berenang atau bermain air.

Terutama di wilayah pantai yang langsung terhubung dengan laut lepas, demi menghindari dampak gelombang tinggi yang dapat terjadi kapan saja.

"Bagi wisatawan pantai selatan Jabar hingga DIY, kami imbau untuk tidak berenang atau bermain air terutama di wilayah pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas agar terhindar dari dampak gelombang tinggi yang sewaktu-waktu dapat terjadi," kata Teguh dikutip dari Antara.

Baca Juga: BMKG Sebut Gempa M5,6 di Laut Flores Dipicu oleh Flores Back Arc Thrust



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x