Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Tahun Naga Kayu, Pesanan Liong Naga Meningkat Drastis

Kompas.tv - 26 Januari 2024, 13:37 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Tahun kelahiran Shio Naga Kayu pada tahun 2024 ini rupanya berpengaruh pada pesanan yang diterima oleh salah satu perajin barongsai dan liong di Kota Semarang.

Huang Wie Hon atau biasa disebut Koh Hong, seorang perajin Barongsai Elang dari Timur dan merupakan generasi ketiga pembuat kerajinan barongsai dan liong yang cukup ternama di Kota Semarang. Sehari-hari ia bekerja membuat pesanan barongsai dan liong dibantu oleh karyawannya.

Tahun baru Imlek 2024 ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pesanan liong naga justru naik secara signifikan, jika tahun 2023 lalu pesanan liong naga hanya terjual enam set, namun di tahun ini meningkat menjadi 15 set. Tak tanggung-tanggung Wie Hong mengaku peningkatan pesanan di tahun 2024 sebanyak 100 persen dan pesanan liong naga yang paling banyak diminati oleh pembeli di tahun ini adalah liong naga dengan motif naga emas.

“Cukup drastis dari yang tahun lalu, naga ini kita ada 15 pesanan, yang dari Kalimantan itu tiga besar, yang lainnya ukuran standar. Banyak banget permintaannya, perbedaannya tahun ini lebih banyak naganya daripada barongsai," jelas Huang Wie Hong.

Pembuatan liong naga tidak semudah pembuatan barongsai, karena selain ukurannya yang panjang, pembuatan liong naga juga membutuhkan bahan yang tidak sedikit.

Wie Hong dan para karyawannya pun dapat membuat liong naga dengan ukuran panjang mulai dari puluhan hingga ratusan meter dalam jangka waktu pembuatan kurang lebih tiga bulan.

Kerajinan barongsai dan liong naga yang dibuat oleh Wie Hong tidak diragukan lagi kualitasnya. Itu sebabnya pesanan yang datang pun tidak hanya dari Kota Semarang saja, namun sudah dari berbagai macam kota di Indonesia, seperti Bengkalis, Riau, Pontianak, Singkawang, Manado hingga Makasar.

Harga yang ditawarkan untuk satu set barongsai mulai dari Rp 6 juta hingga Rp 7 juta, sedangkan untuk satu set liong naga seharga Rp 9 juta hingga Rp 45 juta, tergantung tingkat kesulitan pembuatan. Tak hanya barongsai dan liong naga saja, namun harga yang ditawarkan ini juga mencakup kostum dan sepatu yang bisa digunakan untuk pemain barongsai maupun liong naga.

#tahunbaruimlek #tahunnagakayu #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x