Kompas TV regional papua maluku

Polisi Sebut 5 Anggota KKB Tewas dalam Baku Tembak di Intan Jaya, Ini Identitas Mereka

Kompas.tv - 24 Januari 2024, 19:17 WIB
polisi-sebut-5-anggota-kkb-tewas-dalam-baku-tembak-di-intan-jaya-ini-identitas-mereka
Foto arsip. Anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Pasukan gabungan TNI-Polri mengeklaim lima anggota KKB tewas saat baku tembak di Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah.  (Sumber: Pendam XVII Cenderawasih)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

INTAN JAYA, KOMPAS.TV - Pasukan gabungan TNI-Polri mengeklaim lima anggota Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB tewas saat baku tembak di Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah pada Minggu (21/1/2024) dan Selasa (23/1).

Kaops Damai Cartenz-2024 Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani mengatakan empat orang tewas pada Minggu.

"Identitas KKB yang tewas yakni, Oni Kobagau, Jaringan Belau, Agustia, dan Ones,” kata Faizal, seperti dilansir laman Tribrata News, Selasa.

Sementara menurut Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024 AKBP Dr. Bayu Suseno, satu anggota KKB lainya bernama Melkias Maisani tewas pada Selasa.

Bayu mengatakan peristiwa pada Selasa terjadi sekitar pukul 09.30 WIT. Saat itu, pesawat yang ditumpangi Satgas Gakkum ODC-2024 ditembaki oleh KKB ketika akan mendarat di Intan Jaya.

Setelahnya, serangan balik dilakukan oleh aparat keamanan dari Pos Perimeter TNI Yonif 330/TD untuk menyerang anggota KKB. 

Baca Juga: Kontak Tembak dengan KKB, Jenazah Bripda Alfandi Steve Karamoy Dipulangkan ke Luwuk Banggai

“Diduga tembakan berasal arah dari gereja Katolik Santo Misael, Bilogai," kata Bayu.

“Hasil pantauan drone menunjukkan bahwa satu anggota KKB, bernama Melkias Maisani, tewas dalam serangan tersebut," jelasnya.

Kendati demikian, ia berujar, jasad Melkias langsung dibawa kabur oleh anggota KKB yang selamat dalam kontak tembak itu.

"Baik jenazah maupun senjata api yang digunakan telah dibawa kabur oleh rekan KKB lainnya,” jelasnya.

Bayu mengatakan peristiwa tersebut menunjukkan upaya keras pasukan keamanan dalam menanggapi serangan dari kelompok bersenjata yang terus mengancam keamanan di wilayah Intan Jaya.

Pihak berwenang, kata dia, terus mengintensifkan upaya untuk menangani situasi keamanan di daerah tersebut, sambil terus memantau perkembangan dan memberikan perlindungan maksimal kepada masyarakat setempat.

“Kami juga menghimbau kepada warga masyarakat agar tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh isu-isu yang menyesatkan yang mungkin datang dari sumber yang tidak jelas,” tegasnya.

Baca Juga: Update Pilot Susi Air yang Disandera KKB: Penampakan Terbaru Kapten Philip, Diduga Berada di Yuguru


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x