Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Sibuk Dikunjungi Capres-Cawapres, Sri Sultan HB X Beri Pesan Penting ke Keluarga Soal Netralitas

Kompas.tv - 24 Januari 2024, 16:15 WIB
sibuk-dikunjungi-capres-cawapres-sri-sultan-hb-x-beri-pesan-penting-ke-keluarga-soal-netralitas
Foto arsip Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Pria yang juga Raja Kraton Yogyakarta ini dalam beberapa waktu terakhir sibuk menerima kunjungan capres-cawapres peserta Pilpres 2024. (Sumber: KompasTV/Michael Aryawan)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, dengan tegas menyatakan bahwa ia tidak pernah memberikan arahan kepada keluarganya terkait pemilihan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2024. 

Dalam pernyataannya di Kepatihan, Kota Yogyakarta, Rabu (24/1/2024), Sultan HB X mengungkapkan bahwa dirinya tidak membatasi hak keluarganya dalam menentukan pilihan politik mereka.

"Saya ini, sama istri, sama anak pun, tidak pernah saya arahkan kok karena dia punya hak sendiri secara asasi untuk menentukan pilihan. Terserah saja, nyoblos silakan, enggak silakan, itu urusan dia," ujar Sultan HB X di Kepatihan.

Baca Juga: Buka Suara soal Izin 'Desak Anies' di Yogyakarta Dicabut, Anies: Ini Bukan Pertama Kali

"Istri saya pun tidak pernah tahu yang saya coblos nomor berapa dan siapa," tambah Sultan.

Meskipun berada di hadapan keluarga, Sultan HB X tetap memegang teguh prinsip bahwa setiap individu memiliki haknya sendiri dalam menentukan pilihan politiknya pada setiap pemilu lima tahunan. 

"Karena bagi saya, itu hak-haknya individu-individu, biarpun itu anak, itu istri," ujar Ngarsa Dalem, sapaan Sultan HB X, dikutip dari Antara.

Seperti diketahui, dalam beberapa waktu terakhir Sri Sultan HB X sibuk menerima kunjungan dari para capres-cawapres. Sebut saja capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, kemudian capres dan cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka serta terkini pada Rabu pagi (24/1) giliran capres nomor urut 1 Anies Baswedan.

Diberitakan Kompas.tv sebelumnya, KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca Juga: Buka Suara soal Izin 'Desak Anies' di Yogyakarta Dicabut, Anies: Ini Bukan Pertama Kali


 



Sumber : Antara, Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x