Kompas TV regional berita daerah

Misi sosial Peduli Lingkungan ke Pulau Pasoso

Kompas.tv - 22 Januari 2024, 22:48 WIB
Penulis : KompasTV Palu

DONGGALA, KOMPAS.TV - Ikatan Alumni Teknik Universitas Tadulako melakukan aksi bakti sosial ke pulau Pasoso. Selain membawa bantuan bahan pokok, para Alumni Fakultas Teknik Untad ini membersihkan sampah plastik di pesisir pulau.

Sebelum berangkat ke pulau Pasoso, rombongan Ikatan Alumni Teknik Universitas Tadulako bertemu dengan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah. Diskusi tentang kondisi dan info tentang pulau Pasoso dilakukan.

Pulau yang terletak di wilayah Kabupaten Donggala itu menjadi pilihan karena menjadi salah satu kawasan pengembangbiakan penyu dan kawasan perlindungan laut.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah Mohamad Arif Latjuba pun menyambut baik. Pulau Pasoso punya daya tarik sendiri untuk wisata dan penelitian tentang habitat salah satu satwa dilindungi penyu.

Perjalanan ke pulau Pasoso dari Palu dengan jalur darat ke arah utara Kota Palu selama kurang lebih 3 jam. Tiba di Desa Tondo Sirenja, rombongan kemudian naik kapal ke pulau Pasoso, melewati Tanjung Manimbaya.

Perjalanan laut kadang terkendala dengan cuaca buruk hingga membutuhkan waktu sampai 4 jam lebih untuk sampai ke pulau Pasoso.

Sesampai di pulau Pasoso, rombongan kemudian membawa bantuan ke keluarga Ahmad yang tinggal dan menjaga pulau Pasoso.

Misi sosial para alumni fakultas teknik untad ini berlanjut dengan membersihkan pesisir pantai pulau pasoso.

Sepanjang pesisir pantai pulau Pasoso itu kotor dengan sampah plastik dampak dari terbawa arus dari sejumlah wilayah di sekitar pulau.

#PulauPasoso #MisiSosial #JagaLingkungan 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x