Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Warga Semarang Senang Terima Bantuan Beras 10 Kg

Kompas.tv - 16 Januari 2024, 14:09 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sedari pagi, puluhan warga sudah mengantre dan berkumpul di halaman Kelurahan Gemah, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, untuk menghadiri launching bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) tahun 2024.

Acara ini merupakan penyaluran bantuan beras oleh pemerintah pusat yang berkolaborasi dengan pemerintah provinsi, pemerintah kota setempat, bulog dan pusat pengendalian pangan nasional. Sebagai bentuk atas kepedulian pemerintah pusat terhadap kemiskinan ekstrim yang ada di Indonesia. Acara ini serentak dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya di Kota Semarang.

Salah satu penerima manfaat yang ikut mengantre adalah Sumartini, warga Kelurahan Gemah yang pertama kalinya mendapat bantuan dari pemerintah.

“ Bantuan beras baru kali ini. Saya senang, berterimakasih sama bapak RW. Selama ini saya belum pernah dapat bantuan, bapak RW ini bilang sama saya kalau dapat bantuan beras ,” ujar Sumartini.

Di Kota Semarang sendiri setidaknya terdapat 58.600 keluarga penerima manfaat, dimana masing-masing keluarga mendapatkan jatah 10 kilogram beras setiap bulannya selama 6 bulan berturut-turut, mulai dari Januari hingga Juni 2024.

“Ini adalah bentuk bagaimana kita membantu atau pemerintah ini membantu masyarakat yang membutuhkan. Di mana setiap keluarga penerima manfaat ini mendapat 10 kilogram setiap bulannya. Yang kita harapkan mereka mengkonsumsi sendiri, tadi disampaikan jangan sampai nanti menerima kemudian nanti dijual. Karena ini sebenarnya memang untuk betul-betul membantu,” jelas Hevearita Gunaryanti Rahayu, Wali Kota Semarang.

Secara teknis, bulog menggandeng PT Pos Indonesia untuk menyalurkan bantuan beras kepada masyarakat. Jika nantinya ada masyarakat yang sakit dan tidak dapat mengambil langsung ke kelurahan terdekat, maka PT Pos Indonesia akan mengantarkan langsung ke alamat rumah keluarga penerima manfaat.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, juga mengimbau masyarakat untuk mempergunakan penyaluran beras ini secara baik dan tidak menjualnya kembali untuk kepentingan pribadi.

#bantuanberas #pedurungan #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x