Kompas TV regional jawa barat

Sosok Ipda Subandi, Pernah Kawal SBY, Kini Dapat Penghargaan Usai Lumpuhkan Pria Bergolok

Kompas.tv - 16 Januari 2024, 10:14 WIB
sosok-ipda-subandi-pernah-kawal-sby-kini-dapat-penghargaan-usai-lumpuhkan-pria-bergolok
Kapolresta Bogor Kota Kombes Bismo Teguh Prakoso memberikan piagam penghargaan kepada Ipda Subandi atas aksinya melumpuhkan pelaku begal di Jalan Raya Sholeh Iskandar, Senin (15/1/2024). (Sumber: Tribun Bogor)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

BOGOR, KOMPAS.TV - Ipda Subandi, polisi lalu lintas (polantas) yang berhasil melakukan aksi heroik dengan melumpuhkan pria bergolok di bilangan Jalan Sholeh Iskandar, Kota Bogor, mencuri perhatian publik.

Kepala Sub Unit Penegakan Hukum (Kasubnit Gakkum) Satuan Lalu Lintas Polresta Bogor Kota itu berhasil mengalahkan pria bersenjata golok yang berbuat onar dengan tangan kosong. Aksi ini mendapatkan perhatian dari pimpinannya.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Bismo Teguh Prakoso memberikan piagam penghargaan kepada Ipda Subandi atas aksinya tersebut, Senin (15/1/2024).

Baca Juga: Kronologi Polantas Duel Tangan Kosong dengan Pria Bergolok di Bogor

Kombes Bismo mengapresiasi keberanian Subandi yang menghadapi pria bergolok meski tak membawa senjata. Ia berharap, anggota lain meniru keberanian Subandi.

“Pak Subandi ini tidak membawa senpi juga dan berani menghadapi. Lalu, berani juga mengamankan, berani untuk menangkap pelaku juga,” kata dia, Senin.

Ia mengatakan bahwa Ipda Subandi mengandalkan teknik bela diri yang dipelajari selama bergabung menjadi anggota Polri.

“Jadi, walau pelaku bawa sajam, Pak Subandi dengan teknik bela diri Polri berhasil melumpuhkan pelaku,” ujarnya.

Sosok Ipda Subandi

Pria kelahiran 29 Juni 1984 ini masuk polisi melalui jalur bintara pada 2004 silam. Subandi menghabiskan sebagian besar kariernya di Korps Brimob dan pernah ditugaskan di berbagai daera dari Aceh hingga Papua.

“Selama 18 tahun saya di Brimob,” kata Subandi kepada Tribun Bogor, Minggu (14/1).

Ia juga pernah menjadi pengawal Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2020 lalu. Pengalaman ini menjadikan Subandi memiliki kemampuan dasar mengamankan orang-orang penting.

Baca Juga: Curi Alat Elektronik Masjid, Seorang Remaja Asal Kota Gorontalo Dibekuk Polisi

Ia berhasil lulus menjadi perwira pangkat Ipda pada 2023 lalu.

“Tahun 2022, saya dapat rezeki dari Allah untuk karier saya menjadi seorang perwira. Lulus di 2023, Desember kemarin,” ucapnya.

Saat ini, Ipda Subandi bertugas menjadi Kasubnit 1 Gakkum Satlantas Polresta Bogor Kota.


 



Sumber : Tribun Bogor


BERITA LAINNYA



Close Ads x