Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Suara Gen Z Jadi Rebutan di Pemilu 2024

Kompas.tv - 15 Januari 2024, 13:42 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Ditemui dalam acara seminar nasional dengan tema “Gen Z Pilar Utama Masa Depan bagi Indonesia Emas 2045 dan Potensi Tantangan di Kawasan Asia Pasifik” yang berlangsung di Kota Semarang, Direktur Pusat Media dan Demokrasi LP3S Undip Semarang, Wijayanto menegaskan Gen Z merupakan kalangan cerdas menguasai teknologi dan mempunyai semangat tinggi sebagai calon pemimpin, sehingga diharapkan menjadi pilar masa depan Indonesia emas tahun 2045. Terkait dengan agenda besar yaitu Pemilu 2024, kalangan Gen Z kini menjadi incaran para politikus untuk mewujudkan kemenangan Pemilu 2024. Berdasarkan data survei yang dilakukan, suara Gen Z capai 50-54 persen maka tak heran banyak partai, capres dan politikus menggunakan media sosial untuk menarik simpati Gen Z.

“Gen Z merupakan sumber suara paling penting selain generasi milenial, jumlah mereka lebih dari 50 persen, maka suara Gen Z menjadi rebutan bagi kandidat yang bersaing. Gen Z ini adanya pengguna media sosial maka kemudian politisi mencoba mendekati mereka dan mendapatkan suara mereka dengan hadir di media sosial,” terang Wijayanto.

Sementara itu Edna Caroline, CO Founder Indonesia Strategi and Devence Studies berharap kalangan Gen Z kedepan benar-benar menjadi harapan bangsa. Mereka harus berani menekuni dan menjalankan profesinya secara profesional.

“Gen Z perlu meningkatkan kapasitas diri mereka. Kalau sekarang sekolahnya kedokteran jadilah dokter yang menguasai bidangnya, mencintai pekerjaannya dan punya kepedulian kepada masyarakat,” ujar Edna.

Pada kesemparan itu Edna meminta agar para mahasiswa untuk menyiapkan diri menyongsong masa depan dengan kemampuan sendiri dan tidak mengandalkan orang lain atau keluarga.

#pemilu2024 #genz #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x