Kompas TV regional berita daerah

Perpustakaan di Kabupaten Pekalongan Punya Tempat Bermain Anak dan Area Difabel

Kompas.tv - 12 Januari 2024, 18:25 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Pekalongan menambah satu lagi jumlah perpustakaan di tempat publik atau dekat dengan masyarakat. Perpustakaan yang berada di areal alun-alun kabupaten ini dibangun dengan menghabiskan anggaran dana alokasi khusus sebanyak 5,2 miliar rupiah.

 

Hingga Januari 2024 ini, total jumlah perpustakaan yang ada di Kabupaten Pekalongan mencapai 200 perpustakaan yang masih aktif. Namun demikian, upaya meningkatkan jumlah maupun koleksi perpustakaan terus digenjot untuk menarik minat baca masyarakat.

 

Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq menyebut untuk mengikuti perkembangan zaman sekaligus mengikuti kebiasaan masyarakat yang selalu bergantung dengan gawai, maka perpustakaan harus terus menambah koleksi buku. Untuk saat ini, jumlah buku yang ada mencapai 45 ribu judul. Sementara untuk koleksi ebook atau buku digital sebanyak 12 ribu judul lebih.

 

Dalam gedung perpustakaan ini, pemerintah juga menyediakan tempat khusus bermain untuk anak-anak dengan tujuan agar anak-anak bisa mengenal lingkungan perpustakaan. Bahkan juga tersedia area bagi para difabel.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x