Kompas TV regional berita daerah

Umat Hindu Tetap Jaga Tradisi Adat Bali di Tengah Masyarakat Gorontalo

Kompas.tv - 11 Januari 2024, 15:33 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

BOALEMO, KOMPAS.TV - Umat Hindu yang berada di Desa Bongo 4, Kecamatan Paguyaman/ Kabupaten Boalemo terus berupaya dalam menjaga serta mempertahankan tradisi adat bali meskipun berada di tengah-tengah Masyarakat Gorontalo.

Sejumlah umat hindu di Gorontalo melaksakan salah satu tradisi adat dalam peresmian tempat ibadah milik salah seorang umat hindu yang ada di Desa Bongo 4, yaitu tradisi Melaspas yaitu peresmian atau penyucian bagunan yang baru dibangun.

Dalam melaksanakan tradisi adat atau upacara keagamaan, umat Hindu di Gorontalo masih memegang erat warisan leluhur atau budaya yang ada di Bali.

Tak hanya itu, pelaksaan tradisi adat tersebut juga masih kental akan sikap gotong royong.

Baca Juga: Akibat Cuaca Buruk, Tanaman Cabai Rawit Milik Petani di Boalemo Diserang Hama

Salah satu tokoh Agama atau Pinandita yang memimpin upacara adat tersebut mengatakan bahwa pelaksanaan tradisi peresmian tempat ibadah keluarga melewati beberapa rangkaian prosesi adat sebagaimana yang telah diwariskan oleh leluhur. 

I Wayan Rauh mengungkapkan bahwa meskipun hidup di tengah-tengah masyarakat Gorontalo, namun budaya tradisi dan adat Bali masih sangat kental dan terus dijaga oleh masyarakat hindu yang ada di wilayah Gorontalo.

 

#Adat

#tradisi

#Bali

#Umat Hindu

#Gorontalo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x