Kompas TV regional sumatra

Waspada Angin Kencang di Masa Peralihan Cuaca

Kompas.tv - 9 Januari 2024, 20:21 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Dalam musim peralihan cuaca dari musim hujan ke musim kemarau saat ini, cuaca di laporkan masih labil dengan potensi hujan ringan hingga sedang yang dapat disertai oleh petir dan angin kencang. Dari analisa cuaca diketahui kondisi itu di picu oleh adanya gelombang atmosfer tropis Madden Julian Oscillation atau MJO di kuadran tiga yang berdampak pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di Indonesia bagian barat.

Prakirawan cuaca dari BMKG  Stasiun Meteorologi Kelas 1 Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, Putri Rizki Afriza, menyebut cuaca labil di musim peralihan ini yang mendorong terjadinya angin kencang mempengaruhi aktivitas penerbangan dan pelayaran di Aceh. Masyarakat perlu mewaspadai gangguan cuaca di masa peralihan dari musim penghujan ke kamarau.

Sementara itu, berdasarkan perkiraan cuaca dalam tiga hari kedepan, sejumlah daerah di Aceh masih akan di guyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang diantaranya Pidie Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Nagan Raya, Gayo Lues, Singkil dan Aceh Besar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x