Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kronologi 4 Pemuda Tewas usai Tenggak Miras Oplosan, Ada Campuran Alkohol 70 Persen dan Antiseptik

Kompas.tv - 9 Januari 2024, 10:00 WIB
kronologi-4-pemuda-tewas-usai-tenggak-miras-oplosan-ada-campuran-alkohol-70-persen-dan-antiseptik
Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sebanyak empat pemuda tewas setelah menenggak minuman keras atau miras oplosan di wilayah Darat Tempel, Dadapsari, Semarang Utara, Jawa Tengah.

Dari empat orang yang tewas tersebut, dua orang di antaranya merupakan pasangan suami istri atau pasutri. Polisi pun saat ini tengah menangani kasus tersebut.

"Kita Polrestabes Semarang sedang menangani kasus miras oplosan yang menyebabkan meninggalnya empat warga Kota Semarang,” kata Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar di Semarang pada Senin (8/1/2023).

Baca Juga: Usai Manggung, 3 Personel Band Tewas dan Vokalisnya Kritis gegara Tenggak Miras Racikan Bartender

Kombes Irwan membeberkan, identitas empat pemuda yang tewas akibat menenggak miras oplosan tersebut antara lain bernama Arya (22), warga Kampung Manis, Dadapsari. Kemudian, Andika alias Kimpul (21), warga Kampung Perbalan Kelurahan, Purwosari, Semarang Utara; Depi (21), warga Kaligawe Genuk; dan Hendi alias Pendeng (22) warga Bulu, Semarang Selatan.

Irwan mengungkapkan, peristiwa tewasnya para korban itu berawal saat sekelompok pemuda berjumlah 10 orang berkumpul sembari menenggak minuman keras oplosan pada Kamis (5/1/2024) sejak pukul 16.30 WIB. Mereka membeli cairan oplosan secara online.

“Peristiwa terjadi pada Kamis lalu, di mana Saudara Andika dan kawan-kawan berkumpul. Kemudian memesan cairan melalui online, kemudian dicampur dengan beberapa bahan itu yang mereka minum," ujarnya.

Setelah menenggak miras oplosan bersama, dari Jumat hingga Minggu, satu per satu empat pemuda itu mulai tumbang hingga akhirnya meninggal dunia.

Baca Juga: Pedagang Semangka di Kramat Jati Dibunuh, Korban Disiram Air Keras dan Dibacok saat Layani Pembeli

"Nah, setelah hari Kamis, hari itu juga, malamnya, salah satu merasa tidak enak badan, besoknya Jumat ada yang meninggal satu. Hari Sabtu meninggal dua, hari Minggu meninggal satu, jadi empat orang," ujar Irwan.

Selain empat orang tewas yang dua orang di antaranya merupakan pengoplos, sejumlah pemuda lainnya yang ikut menenggak miras oplosan itu juga harus menjalani perawatan medis di rumah sakit. 

"Nah, mereka bersepuluh, empat orang dirawat di RS Bhayangkara, dua di rumah masing-masing. Langkah kepolisian sekarang melakulan perawatan kepada yang saat ini masih di RS maupun di rumah masing-masing," tuturnya.

Irwan menyebut pihak keluarga sempat tidak langsung melaporkan kejadian ini pada Kamis lalu lantaran takut terseret masalah hukum.

"Dari keluarga tidak menyampaikan, mungkin faktor ketakutan, dilaporkan (ke) polsek baru tadi subuh," ujar Irwan.


Baca Juga: Update 3 Personel Band Tewas di Surabaya: Polisi Cek Kandungan Miras 'Maut', 11 Saksi Diperiksa

Saat ini, pihaknya telah bekerja sama dengan forensik untuk mencari kandungan miras oplosan yang ada di dalam minuman korban. Sejumlah barang bukti telah diamankan guna pemeriksaan lanjutan.

"Rincian pemesanan salah satu korban ada alkohol 70 persen dan antiseptik melalui online, itulah kemudian Andika dan kawan-kawan, dicampur dengan beberapa unsur lainnya,” tuturnya. 

“Kemudian diminum bersama-sama. Inilah yang diduga menyebabkan empat orang MD (meninggal dunia) dan enam orang saat ini dirawat.”

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x