Kompas TV regional papua maluku

Kakanwil Kemenkumham Papua Barat Sampaikan Lapas Sorong Kelebihan Kapasitas

Kompas.tv - 8 Januari 2024, 20:15 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Kepala kantor wilayah kementerian hukum dan ham Papua Barat, Taufiqurrakhman mengakui lembaga pemasyarakatan kelas IIB Sorong saat ini sangat kelebihan kapasitas.

Saat ini jumlah warga binaan lembaga pemasyarakatan kelas IIB Sorong mencapai 543 orang, hal ini tidak sebanding dengan tempat yang disediakan dengan kapasitas hanya 214 orang saja. Hal ini diduga bisa menjadi pemicu kaburnya tahanan dari lapas.

Kepala kantor wilayah kementerian hukum dan ham Papua Barat, Taufiqurrakhman mengatakan, untuk pembangunan rutan yang baru dan menambah kapasitas hunian bukanlah menjadi kewenangannya, saat ini yang bisa dilakukan hanyalah mempercepat pemberian asimilasi, pembebasan bersyarat untuk menanggulangi kelebihan kapastas tersebut.

Dengan peristiwa ini, petugas lapas diminta untuk lebih meningkatkan kewaspadaan, seperti meningkatkan jumlah petugas penjaga, berkoordinasi bersama aparat keamanan setempat agar membantu pengamanan, khususnya pada momen hari besar keagamaan, sehingga dapat meminimalisir terjadinya peristiwa tahanan melarikan diri.

Sementara itu berdasarkan data yang dihimpun saat ini total tahanan kabur dari lapas Sorong sudah berkurang menjadi 45 dari yang sebelumnya 47, karena 2 tahanan berhasil ditangkap senin pekan ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x