Kompas TV regional jawa barat

Tabrakan KA Turangga dengan KA Bandung Raya, PT KAI Belum Bisa Pastikan Penyebab Kecelakaan

Kompas.tv - 5 Januari 2024, 08:24 WIB
tabrakan-ka-turangga-dengan-ka-bandung-raya-pt-kai-belum-bisa-pastikan-penyebab-kecelakaan
Kereta Api (KA) Turangga tujuan Bandung mengalami tabrakan dengan KA Lokal Bandung Raya di petak Stasiun Cicalengka-Haurpugur, Jumat (5/1/2024) pagi. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

BANDUNG, KOMPAS.TV - PT Kereta Api Indonesia (KAI) masih belum bisa memastikan penyebab terjadinya kecelakaan antara Kereta Api Turangga dengan KA Commuter Line Bandung Raya pada Jumat (5/1/2024) pagi

VP Public Relations PT KAI Joni Martinus saat dihubungi KompasTV membenarkan terlah terjadi tabrakan antara KA Turangga dengan KA Bandung Raya.

"Dapat kami informasikan bahwa hari ini Jumat (5/1/2024) sekitar pukul 06.03 tadi ya, kami mendapatkan informasi telah terjadi kecelakaan kereta api yang melibatkan dua kereta api yaitu antara KA Turangga (65) dari Surabaya menuju Bandung dengan KA Commuter Line Bandung Raya (350) di lintas Haurpugur-Cicalengka," kata Joni dalam Breaking News KompasTV.

Terkait penyebab kecelakaan, Joni menjelasakan PT KAI belum bisa memberikan keterangan karena masih harus dilakukan investigasi dengan semua pihak terkait.

"Sejauh ini kami belum bisa memberikan keterangan terkait kecelakaan tersebut. Karena tentu ini harus kita dalami dan kita lakukan investigasi serta pemeriksaan lebih lanjut dengan semua pihak-pihak terkait," ujarnya.

Meski begitu, Joni memastikan bahwa PT KAI tetap berupaya untuk mengoperasikan berbagai perjalanan kereta api sesuai jadwal dengan memutar rute.

Baca Juga: BREAKING NEWS! KA Turangga Tabrakan dengan KA Komuter Bandung Raya

"Jadi dapat kami sampaikan juga, kami saat ini tetap berupaya mengoperasikan kereta api dengan cara memutar. Artinya dari kereta api yang melewati jalur selatan dari Bandung menuju Tasikmalaya kemudian Banjar, saat ini kita lakukan upaya perjalanan memutar melalui utara yaitu Bandung menuju Cikampek kemudian ke Kroya," ucapnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, telah terjadi kecelakaan kereta api antara KA Turangga dengan KA Bandung Raya di lintas Haurpugur-Cicalengka pada Jumat pagi.

Dalam video yang foto yang beredar, tampak dua lokomotif yang bertabrakan mengalami ringsek dengan kondisi yang parah.

Kapolresta Bandung Kombes Kusworo Wibowo mengungkapkan, dalam kecelakaan kereta api ini, tiga orang meninggal dunia dan sejauh ini para penumpang dalam keadaan selamat.

"Sementara kami di TKP, kami mendapatkan informasi bahwa sementara korban jiwa ada tiga, masinis, asisten masinis dan pegawai kereta," kata Kusworo.

"Alhamdulillah untuk semua penumpang sejauh ini masih baik-baik, sedang proses evakuasi. Dan kami beserta Basarnas, dengan Damkar, dengan Dinkes masih melakukan upaya-upaya dan kami juga membuat garis parimeter aman untuk masyarakat agar tidak mendekat ke TKP," ujarnya.

Baca Juga: Update Tabrakan KA Turangga dan KA Bandung Raya, 3 Orang Tewas Termasuk Masinis



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x