Kompas TV regional jabodetabek

Cuaca Ekstrem, BMKG Imbau Warga DKI Jakarta dan Sekitarnya untuk Waspada

Kompas.tv - 5 Januari 2024, 06:00 WIB
cuaca-ekstrem-bmkg-imbau-warga-dki-jakarta-dan-sekitarnya-untuk-waspada
ilustrasi hujan lebat (Sumber: ANTARA/Wahyu Putro)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan imbauan penting kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi hujan lebat selama periode 3-10 Januari 2024 khususnya untuk wilayah-wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Guswanto, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, menyampaikan bahwa pihaknya terus memantau perkembangan kondisi cuaca untuk mengantisipasi potensi cuaca ekstrem.

Analisis terkini, BMKG mengidentifikasi kondisi dinamika atmosfer yang memicu potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah Indonesia.

“Monsun Asia musim dingin yang diasosiasikan sebagai musim angin baratan mulai menunjukkan dampaknya terhadap potensi peningkatan massa udara basah di sekitar wilayah Indonesia, sehingga pertumbuhan awan hujan di periode Januari ini diprediksikan cukup intens,” kata Guswanto dari keterangannya pada Kamis (4/1/2024).

Aktivitas Madden Jullian Oscillation (MJO) yang memasuki wilayah Indonesia turut diidentifikasi sebagai faktor yang dapat memicu peningkatan potensi hujan sedang-lebat dalam seminggu ke depan.

Baca Juga: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Jabodetabek sampai 10 Januari 2024: Hujan Lebat Siang hingga Malam

Guswanto juga mencatat adanya aktivitas gelombang Rossby di wilayah Indonesia bagian barat, yang diprediksi akan berlangsung hingga lima hari ke depan.

Selain itu, faktor dinamika lain yang turut memperkuat potensi cuaca ekstrem adalah terbentuknya pola pertemuan angin dan belokan angin di sekitar wilayah Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

BMKG mencatat bahwa dalam sepekan terakhir, cuaca ekstrem berupa hujan lebat telah menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor di beberapa daerah. Potensi cuaca ekstrem ini sesuai dengan rilis BMKG sebelumnya, yang mengingatkan masyarakat terhadap potensi cuaca ekstrem selama periode akhir tahun 2023 hingga awal Januari 2024.


 

“Kondisi tersebut diperkuat dengan adanya aktifitas gelombang Rossby di wilayah Indonesia bagian barat dan cukup bertahan hingga lima hari ke depan,” imbuhnya dikutip dari Antara.

Guswanto memberikan peringatan khusus untuk wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) dan sekitarnya. 

Selama sepekan ke depan, terutama pada siang hingga menjelang malam, perlu diwaspadai potensi hujan intensitas hingga lebat di beberapa wilayah, di antaranya: 

  • Jakarta Timur 
  • Jakarta Selatan 
  • Depok 
  • Kabupaten Bogor 
  • Kota Bogor 
  • Tangerang Selatan 
  • Kabupaten Tangerang bagian selatan
  • Kabupaten Bekasi bagian selatan

Pada malam hingga dini hari, potensi hujan intensitas hingga lebat juga perlu diwaspadai di sejumlah wilayah, termasuk: 

  • Kepulauan Seribu 
  • Jakarta Utara 
  • Jakarta Pusat 
  • Jakarta Timur bagian utara 
  • Jakarta Barat bagian utara 
  • Kabupaten Bekasi bagian utara 
  • Kabupaten Tangerang bagian utara.

Untuk skala nasional, BMKG mengimbau masyarakat di sejumlah provinsi, mulai dari Aceh hingga Papua, untuk tetap waspada terhadap potensi hujan intensitas hingga lebat. Informasi lebih detail dapat diakses melalui aplikasi InfoBMKG dan situs web resmi BMKG.

BMKG menekankan agar masyarakat dan instansi terkait tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem, termasuk hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang. 

Kemudain, daerah-daerah yang berada di lereng curam, pegunungan, atau rawan longsor dan banjir, diharapkan untuk memperhatikan dampak yang mungkin timbul akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang.

Baca Juga: Waspada, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem 4 Januari 2024 di 31 Wilayah Ini



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x