Kompas TV regional berita daerah

Bebek Minggat, Kuliner Unik dari Brebes yang Bisa Obati Flu

Kompas.tv - 2 Januari 2024, 21:06 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Rumah makan Mantap, yang berada di jalur pintu tol Pejagan, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, ini mempunyai menu masakan unik yang jarang dijumpai di tempat lainnya. Kuliner ini dinamakan bebek minggat, yang memiliki cita rasa istimewa dibanding menu olahan bebek lainnya.

 

Bebek minggat diracik dari potongan bebek yang diungkep terlebih dahulu agar teksturnya empuk. Potongan bebek lalu dimasukkan ke kuah rempah yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, sereh, jahe, daun jeruk, dan cabai rawit hijau yang telah dihaluskan.

 

Agar lebih segar dan pedas, kuah bebek ditambah dengan potongan tomat, daun bawang, dan cabai rawit hijau. Rempah-rempah inilah yang meresap ke dalam potongan daging bebek sehingga menambah selera untuk menikmatinya.

 

Salah satu pengunjung, Setiadi, mengaku menikmati bebek minggat. Selain rasanya lezat, juga terasa pedas dan hangat serta sangat menyegarkan saat disantap. Tekstur dagingnya yang sangat empuk menjadikan menu masakan ini banyak diminati.

 

Ide menu masakan bebek minggat tergolong unik. Awalnya terinspirasi dari kemacetan tol Brebes Timur pada 2016 lalu. Haji Roni, pemilik rumah makan ini, menciptakan menu bebek minggat untuk disajikan kepada pemudik yang terjebak macet.

 

Saat itu, pemudik mengaku merasakan badan hangat dan bisa menghilangkan flu serta kepala pening setelah terjebak kemacetan panjang. Sehingga, pemilik rumah makan menamai menu masakannya menjadi bebek minggat atau pergi penyakitnya.

 

Saat libur akhir tahun, menu bebek minggat bisa habis hingga 100 porsi dalam sehari. Bagi penikmat bebek yang penasaran akan cita rasa bebek minggat ini, tidak salahnya untuk mencicipinya. Harga satu porsinya cukup terjangkau, yakni Rp 35 ribu rupiah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x