Kompas TV regional berita daerah

Warga Disabilitas Ikut Simulasi Pemilu di Pekalongan

Kompas.tv - 2 Januari 2024, 20:56 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Sejumlah warga disabilitas ikut terlibat dalam simulasi pemungutan suara di TPS 3, Desa Wangandowo, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan. Seorang warga tunanetra didampingi oleh petugas di tempat pemungutan suara, mulai dari pendaftaran hingga melakukan pencoblosan surat suara, serta memasukkannya ke dalam kotak suara.

 

Selain itu, warga disabilitas yang tidak bisa jalan kaki juga dilayani oleh petugas dari awal hingga akhir. Petugas menjamin kerahasiaan dalam pemungutan suara dan akan melayani seluruh warga disabilitas yang membutuhkan bantuan.

 

Simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini dilakukan semirip mungkin dengan kondisi saat pemilu 14 Februari nanti. Dengan simulasi ini, KPU dan petugas di TPS dapat mengetahui estimasi waktu yang dibutuhkan dalam pemungutan dan penghitungan suara, serta dapat memperbaiki kekurangan hal teknis yang ditemukan.

 

Selain warga disabilitas, simulasi ini diikuti oleh 286 warga yang menjadi DPT pada TPS 3 ini. KPU Pekalongan mencatat ada 700 ribu lebih daftar pemilih tetap yang akan mencoblos di 2.912 TPS yang tersebar di 19 kecamatan yang ada.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x