Kompas TV regional jabodetabek

Perayaan Tahun Baru 2024 di Jakarta Diprakirakan Sisakan 40-50 Ton Sampah, 3.180 Petugas Dikerahkan

Kompas.tv - 1 Januari 2024, 09:30 WIB
perayaan-tahun-baru-2024-di-jakarta-diprakirakan-sisakan-40-50-ton-sampah-3-180-petugas-dikerahkan
Petugas sedang membersihkan tumpukan sampah sisa perayaan tahun baru 2024 di Jakarta, Senin (1/1/2024). (Sumber: Kompas TV/Prasetyo)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perayaan malam tahun baru 2024 di sejumlah lokasi di Jakarta menyisakan tumpukan sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto memprakirakan perayaan pergantian malam tahun baru 2024 menghasilkan 40 hingga 50 ton sampah.

"Mungkin (sampah) sekitar 40-50 ton, karena memang malam tahun baru ini luar biasa sekali, massa yang tadi menghadiri puncak perayaan tahun baru di Sudirman Thamrin itu luar biasa," kata Asep, Senin (1/1/2024), seperti dilaporkan jurnalis Kompas TV, Prasetyo.

Ia pun menyebut pihaknya menerjunkan 3.180 personel kebersihan untuk membersihkan sampah sisa perayaan malam tahun baru.

"Untuk seluruh Jakarta, personel kita gerakan lebih dari 3.180. Kita harapkan sebelum jam 5 pagi Jakarta sudah bersih kembali," ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengerahkan 13 road sweeper atau penyapu jalan dan 15 truk sampah sebagai unit pendukung pengangkutan sampah.

"Sampah sisa tahun baru merupakan sampah anorganik, jadi kita kirimkan ke bank sampah ataupun TPS 3R yang ada di beberapa kecamatan di Jakarta," jelasnya.

Baca Juga: Detik-Detik Pergantian Tahun Baru 2024, Warga Padati Kawasan Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah

Seperti diketahui, saat malam tahun baru, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar sejumlah acara disejumlah lokasi yang ditunjuk sebagai pusat perayaan tahun baru 2024.

Salah satunya Jakarnaval. Tema Jakarnaval tahun ini adalah Indonesian Legend Intellectual Property (IP) based character atau karakter berbasis kekayaan intelektual dari karya-karya anak bangsa.

Jakarnaval menampilkan beragam mobil hias dengan lampu-lampu yang menarik dan dekorasi karya anak bangsa yang menampilkan karakter-karakter seperti Sri Asih, Si Juki, Si Unyil, Si Buta dari Gua Hantu, dan Satria Dewa Gatotkaca.

Selain Jakarnaval, di sepanjang Jalan MH Thamrin seperti di kawasan Sarinah dan Bundaran HI juga terdapat berbagai hiburan menarik.

Di Sarinah, digelar panggung hiburan dan dan karya seni manusia patung. Sedangkan di Bundaran HI dimeriahkan dengan Kirana Jakarta City Vision yang diambil dari kata "Kirana" artinya molek, indah, cemerlang.

Selain di Jakarta Pusat, perayaan tahun baru 2024 juga digelar di kota/kabupaten seperti di Kawasan Kantor Wali Kota Jakarta Utara dan Jakarta Barat, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan di Jakarta Selatan, Old Shanghai di Jakarta Timur, dan Pulau Tidung di Kepulauan Seribu.

Baca Juga: Bundaran HI dan Ancol jadi Lokasi Pilihan Warga Jakarta Habiskan Pergantian Malam Tahun Baru 2024


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x