Kompas TV regional papua maluku

Pangdam Cendrawasih Tuding KNPB dan ULMWP di Balik Kerusuhan Arak-arakan Jenazah Lukas Enembe

Kompas.tv - 29 Desember 2023, 17:07 WIB
pangdam-cendrawasih-tuding-knpb-dan-ulmwp-di-balik-kerusuhan-arak-arakan-jenazah-lukas-enembe
Massa yang tergabung dalam iringan jenazah eks Gubernur Papua Lukas Enembe mengibarkan bendera Bintang Kejora. Peristiwa ini berlangsung saat massa mengarak peti jenazah Lukas Enembe di Sentani, Jayapura, Papua, Kamis (28/12/2023). (Sumber: Tribun Papua/Noel Wenda)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Iman Firdaus

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen Izak Pengemanan buka suara terkait peristiwa kerusuhan yang terjadi saat proses pengantaran jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe pada Kamis (28/12/2023) kemarin.

Diketahui, kerusuhan pecah di sejumlah titik di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura, Papua, saat jenazah Lukas Enembe dibawa dari Bandara Sentani ke STAKIN dan ke rumah duka.

Terkait insiden itu, Mayjen Izak menuding ada pihak yang menyusup ke dalam kerumunan massa iring-iringan yang mengantar jenazah Lukas Enembe.

Baca Juga: Jenazah Lukas Enembe Akhirnya Dimakamkan, Warga Papua Beri Penghormatan Terakhir

Menurutnya, pihak yang menyusup tersebut adalah Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dan United Liberation Movement for West Papua (ULMWP).

"Rombongan disusupi oleh orang-orang yang menginginkan Papua ini kacau,” kata Izak Pangemanan di Jayapura pada Jumat (29/12/2023).

Saat iring-iringan pengantaran jenazah Lukas Enembe, Izak mengatakan, barisan depan diisi pihak keluarga dan masyarakat yang benar-benar ingin mengantar jenazah mantan Gubernur Papua itu sebagai bentuk penghormatan terakhir.

Tapi, lanjut Izak, di bagian belakang ada penyusup yang berasal dari KNPB dan ULMWP. Saat sedang iring-iringan itu, mereka melakukan pembakaran beberapa bangunan dan mobil.

“Mereka juga memicu situasi dengan melakukan pemukulan bapak Pj Gubernur Papua, juga terhadap beberapa anggota TNI-Polri," ujar Izak.

Baca Juga: Iring-iringan Jenazah Lukas Enembe Ricuh, 14 Orang Terluka hingga 25 Rumah Rusak dan Dibakar



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x