Kompas TV regional bali nusa tenggara

Gunung Lewotobi Laki-Laki Meletus, PVMBG Larang Aktivitas dalam Radius 2 Km

Kompas.tv - 23 Desember 2023, 17:55 WIB
gunung-lewotobi-laki-laki-meletus-pvmbg-larang-aktivitas-dalam-radius-2-km
Gunung Lewotobi Laki-Laki yang meletus pada Sabtu, 23 Desember 2023. (Sumber: Tribun Flores)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

FLORES TIMUR, KOMPAS.TV - Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur meletus pada Sabtu (23/12/2023) pukul 07.14 WITA.

Letusan Gunung Lewotobi Laki-Laki, yang berdekatan dengan Gunung Lewotobi Perempuan, terjadi setelah statusnya meningkat dari level normal ke waspada pada 17 Desember 2023.

Herman Yosef, Ketua Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-Laki, menyatakan bahwa material dari letusan masih berada di sekitar puncak gunung. Akan tetapi, angin yang berhembus membawa belerang ke beberapa desa.

"Material letusan belum sampai pemukiman. Hanya saat ini sebagaian wilayah Kecamatan Wulanggitang ada hujan abu yang masih tipis," kata Herman saat dihubungi melalui sambungan telepon dikutip dari Tribunflores.com.

Herman juga mengimbau warga desa di Kecamatan Wulanggitang selalu menggunakan masker, begitu pula warga Kecamatan Ile Bura selama aktivitas Gunung Lewotobi Laki-Laki ini masih tinggi.

Sementara itu, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Hendra Gunawan, memberikan pernyataan mengenai erupsi atau letusan Gunung Lewotobi Laki-Laki hari ini.

Berdasarkan hasil pengamatan, analisis data visual maupun instrumental hingga tanggal 23 Desember pukul 08.45 WITA (07.45 WIB), tingkat aktivitas Gunung Lewotobi Laki-Laki masih tetap pada Level II (Waspada). 

PVMBG pun meminta masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki dan pengunjung untuk tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 2 Km dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki.

"Masyarakat agar tenang dan mengikuti arahan Pemda serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya," kata Hendra.


Baca Juga: Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup Mulai 31 Desember 2023 hingga 31 Maret 2024

Ia menambahkan, pemerintah daerah saat ini terus berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-Laki di Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi di Bandung.



Sumber : Tribun Flores


BERITA LAINNYA



Close Ads x