Kompas TV regional berita daerah

Aquascape Seni Menata dan Menghias Dalam Air Sebuah Peluang Bisnis Menjanjikan

Kompas.tv - 22 Desember 2023, 15:14 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

KOTA GORONTALO,KOMPAS.TV - Beginilah aktifitas sekelompok pemuda yang berada di Kelurahan Huangobotu Kota Gorontalo. Usai melaksanakan pekrjaan rutin, mereka berkumpul menyalurkan kreatifitas seni menata dan menghias tanaman dalam air, atau membuat Aquascape.

Untuk membuat Aquascape, kelompok pemuda pencita seni ini, memanfaatkan tumbuhan alam, bebatuan dan kayu yang banyak ditemukan di Gorontalo.

Untuk membuat Aquascape, dibutuhkan tanaman, batu, kayu, Pasir Sebagai media tanam, serta aquarium yang terbuat dari kaca, setelah semuanya disiapkan, tanaman, batu dan kayu kemudian dirangkai menjadi sebuah ekosistem  yang indah dan menarik, sesuai tema yang diinginkan.

Biaya yang dibutuhkan dalam membuat aquascape cukup beragam tergantung dari jenis tumbuhan dan jenis kayu yang ingin digunakan.

Tak hanya menghias atau menata tanaman dalam air, pada tahapan pembuatan Aquascape yang patut diperhatikan adalah bagaimana cara menyuburkan tanaman hidup agar tetap tumbuh.  

Tanpa tempat khusus, kelompok pemuda ini menekuni Aquascape secara outodidak di salah satu rumah anggota komunitas.

Berawal dari coba-coba, kini kelompok pemuda ini telah menghasilkan banyak karya yang dibuat sejak tahun 2020, mulai dari Nature Style, waterfall,jungle style, iwagumi style dan bonsai.

Baca Juga: Mendapat Sorotan Warga, Dinas PU Kota Gorontalo Percepat Pengerjaan Ruas Jalan Eks Panjaitan

Sejak aquascape banyak perkenalkan oleh komunitas pemuda di Gorontalo, banyak pesanan yang datang tak hanya dari warga Gorontalo tetapi juga dari dari luar daerah.

 

#aquascape

#gorontalo

#seni

#kota gorontalo

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x