Kompas TV regional banten

Hadapi Libur Natal dan Tahun Baru, KSOP Banten Pastikan Kesiapan Angkutan Armada Kapal Terpenuhi

Kompas.tv - 22 Desember 2023, 03:30 WIB
hadapi-libur-natal-dan-tahun-baru-ksop-banten-pastikan-kesiapan-angkutan-armada-kapal-terpenuhi
Menjelang liburan panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten melakukan tahapan penyelenggaraan angkutan Nataru. (Sumber: Kompas TV/Suherdi)
Penulis : Deni Muliya | Editor : Gading Persada

CILEGON, KOMPAS.TV - Menjelang liburan panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten melakukan tahapan penyelenggaraan angkutan Nataru.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya cuaca buruk dan keadaan tanggap darurat.

Baca Juga: PT KAI Divre I Sumatera Utara Prediksi Peningkatan Penumpang 10 Persen Saat Nataru

Kepala Kantor KSOP Kelas I Banten, Brigjen Pol. Hermanta menerangkan, pihaknya berkoordinasi dengan lintas instansi dalam rangka memberikan layanan terbaik kepada masyarakat agar pelaksanaan angkutan laut Nataru tahun ini berlangsung lancar, aman dan nyaman .

"Kesiapan penyelenggaraan angkutan laut Nataru tahun ini merupakan instruksi langsung dari Direktur Jenderal Perhubungan Laut  No: IR-DJPL 6 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Angkutan Laut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024" ujar Hermanta, melalui keterangan tertulisnya kepada Jurnalis KompasTV Suherdi, Kamis (21/12/2023).

Guna mendukung hal tersebut, KSOP Kelas I Banten telah membuka Posko Angkutan Laut Nataru dari tanggal 18 Desember 2023 sampai 8 Januari 2024.

Selama 21 hari mendatang dilakukan monitoring di beberapa lokasi dengan melakukan optimalisasi potensi Armada di pelabuhan Banten.

Menurut Brigjen Hermanta, untuk kesiapan sarana dan prasarana ada 3 (tiga) pelabuhan.

Pelabuhan yang dimaksudkan yakni Pelabuhan PT Pelindo Regional 2 Banten Ciwandan,  Pelabuhan IndahKiat (IKPP) Merak, dan Pelabuhan PT Bandar Bakau Jaya Bojonegara Serang.

"Pelabuhan Pelindo dan Indahkiat (IKPP) akan digunakan sebagai contigency plan apabila Pelabuhan ASDP Merak tidak dapat menyandarkan kapal akibat cuaca buruk. Selain itu juga Pelindo Regional 2 Banten menyiapkan dermaga 03 dan 07 untuk angkutan laut Nataru 2023/2024." terangnya.

Baca Juga: Libur Nataru 2023, BCA Sediakan Rp41,1 Triliun Uang Tunai, Ini Jadwal Operasionalnya

Sebagai informasi, Brigjen Hermanta menjelaskan, ada tiga jalur menuju pelabuhan Pelindo Ciwandan jika terjadi kemacetan pada arus kendaraan menuju pelabuhan Merak.

Di antaranya, pertama, jalur akses kendaraan menuju Pelabuhan dari Jalan Lingkar Selatan dan Cilegon Barat menuju Pelindo Ciwandan. Kedua, Jalur akses kendaraan truk menuju buffer dermaga, dan ketiga jalur akses kendaraan roda dua menuju dermaga.

"Antisipasi cuaca buruk pada saat Nataru tahun ini agar pada saat keberangkatan kapal para Nakhoda memastikan kelaiklautan kapal, dan memperhatikan berita cuaca terupdate dari BMKG." jelasnya.

"Selain antisipasi cuaca jika dalam keadaan darurat operator kapal selalu memperhatikan dan mentaati maklumat pelayaran yang dikeluarkan oleh KSOP Banten," imbuhnya, menegaskan.

Selain itu, Brigjen Hermanta menambahkan, menjelang penyelenggaraan Angkutan Laut Nataru 2023/2024, KSOP Kelas I Banten melalui Kepala Bidang Keselamatan Berlayar dan Penjagaan Patroli Capt. Agus Arifianto bersama Komandan Kodim 0623 Cilegon Letkol Inf. Aryo Priyo Utomo, dan Kasie Intel Kejaksaan Negeri Cilegon Feby Gumilang melakukan patroli bersama di perairan wilayah kerja KSOP Kelas I Banten.

Mereka menggunakan Kapal Negara KNP 333 untuk memastikan bahwa wilayah perairan di wilayah kerja KSOP Kelas I Banten dalam keadaan aman dan siap dilalui kapal-kapal pada musim liburan panjang Nataru mendatang.

Baca Juga: Jasa Marga Beri Diskon 10%, Ini Rincian Tarif Tol Jakarta - Semarang pada Periode Nataru


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x