Kompas TV regional sumatra

KIP Kota Banda Aceh Adakan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS

Kompas.tv - 21 Desember 2023, 15:00 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Komisi Independen Pemilihan Kota Banda Aceh melaksanakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara, desa Lambhuk, Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh. 

Sebanyak 270 PPK dan PPS mengikuti simulasi itu agar nantinya mereka bisa mengantisipasi agar tidak terjadi pemungutan suara ulang seperti yang kerap terjadi pada Pemilu periode sebelumnya. 

Dalam simulasi itu, peserta yang hadir mengikuti enam tahapan, seperti persiapan pemungutan suara, pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara, pelaksanaan penghitungan suara serta penggunaan sistem informasi rekapitulasi suara atau sirekap. 

Sirekap adalah alat bantu penghitungan suara yang sudah tersambung dengan server KPU RI sehingga bisa langsung melakukan tabulasi suara. 

Pada simulasi itu dilengkapi lima bilik suara yang tertempel daftar pemilih tetap di TPS setempat dan daftar calon tetap Pemilu 2024. Setiap peserta mengikuti alur pencoblosan hingga mereka diarahkab menuju kotak suara. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x