Kompas TV regional jawa barat

Fakta-fakta Pertamina Temukan Sumber Migas di Bekasi: Punya Cadangan Puluhan Juta Barel Minyak

Kompas.tv - 21 Desember 2023, 12:31 WIB
fakta-fakta-pertamina-temukan-sumber-migas-di-bekasi-punya-cadangan-puluhan-juta-barel-minyak
Foto arsip. Kru pengeboran PT Pertamina mengganti pipa pengebor di sumur eksplorasi Pondok Makmur (PDM-05) Pertamina EP di kompleks Pondok Makmur C, Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (7/1/2010). PT Pertamina EP (PEP) Regional Jawa, berhasil mengidentifikasi dua lokasi baru yang mengandung minyak dan gas (migas) di Jawa Barat, Desember 2023. (Sumber: KOMPAS/RIZA FATHONI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

BEKASI, KOMPAS.TV - Pertamina mengungkapkan temuan cadangan minyak dan gas (migas) di wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

PT Pertamina (Persero) melalui subholding upstream PT Pertamina EP (PEP) Regional Jawa menemukan dua sumber migas baru di Jawa Barat tersebut yang merupakan hasil dari pengeboran dua sumur eksplorasi.

Kedua sumur itu, yakni East Akasia Cinta (EAC)-001 di wilayah kerja PEP Jatibarang Field, Kabupaten Indramayu, dan Sumur East Pondok Aren (EPN)-001 di wilayah kerja PEP Tambun Fild, Kabupaten Bekasi.

Pengeboran sumur eksplorasi EPN-001 ditajak pada 18 Agustus 2023 dengan menyasar target reservoir Carbonate Formasi Lower Cibulakan.

Pengeboran berhasil mengalirkan minyak dan gas pada DST kedua dengan rate minyak sebesar 402 bopd dan rate gas mencapai 1,09 mmscfd di kedalaman 2.590 mMD.

Berikut selengkapnya fakta-fakta penemuan cadangan migas di Bekasi.

Punya Cadangan Minyak Puluhan Juta Barel

Penemuan cadangan migas sebenarnya adalah hal yang lumrah. Akan tetapi menjadi sorotan karena ditemukan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Kepastian penemuan cadangan migas di Bekasi ini diungkapkan Direktur Eksplorasi PT Pertamina Hulu Energi, Muharram Jaya Panguriseng.

Baca Juga: Pertamina Patra Niaga Aktifkan Satgas, Jamin Kelancaran Distribusi Energi Sepanjang Libur Nataru

Temuan ini dikonfirmasi setelah Pertamina melakukan Uji Alir Produksi (Drill Stem Test/DST) sumur EAC-001.

"Alhamdulillah tanggal 6 Desember kemarin kita baru saja melakukan discovery minyak di Jawa Barat, tepatnya di kurang lebih di sebelah timur Kota Bekasi, kurang lebih sekitar 20 Km sebelah timur Kota Bekasi," kata Muharram dalam sebuah unggahan di media sosial, dikutip Selasa (19/12/2023) lalu.

"Nama sumurnya adalah East Pondok Aren. Alhamdulillah discovery dari DST dua, saat ini proses untuk DST yang ketiga secara hitungan cepat. DST dua ini kita punya cadangan di tempat. Tes nya itu sekitar 92,27 juta barel. Secara recovery itu sekitar 22,78 juta barel oil pump," ujarnya.

Ditemukan Juga Cadangan Migas di Indramayu

Selain ditemukan di Bekasi, Pertamina juga menemukan hidrokarbon tambahan sumber daya hidrokarbon dari pengeboran dua sumur eksplorasi di Provinsi Jawa Barat.

Kedua sumur tersebut yakni East Akasia Cinta (EAC)-001 di wilayah kerja PEP Jatibarang Field, Kabupaten Indramayu dan Sumur East Pondok Aren (EPN)-001 di wilayah kerja PEP Tambun Fild, Kabupaten Bekasi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x