Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Apakah Erupsi Gunung Slamet Bisa Membelah Pulau Jawa? Simak Penjelasan PVMBG

Kompas.tv - 20 Desember 2023, 15:21 WIB
apakah-erupsi-gunung-slamet-bisa-membelah-pulau-jawa-simak-penjelasan-pvmbg
Foto arsip. Gunung Slamet tengah menjadi perbincangan di media sosial. Pasalnya, ada rumor yang menyatakan erupsi Gunung Slamet dapat membelah Pulau Jawa. Benarkah? (Sumber: bpbd.probolinggo.go.id)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

BANDUNG, KOMPAS.TV - Gunung Slamet yang menjulang setinggi 3.428 meter di atas permukaan laut, merupakan salah satu gunung berapi aktif di Jawa Tengah.

Gunung yang terletak di lima kabupaten yaitu Pemalang, Banyumas, Brebes, Tegal, dan Purbalingga itu tengah menjadi perbincangan di media sosial. Pasalnya, ada rumor yang menyatakan erupsi Gunung Slamet dapat membelah Pulau Jawa.

Sejumlah warganet pun berdebat di media sosial mengenai potensi erupsi Gunung Slamet yang katanya dapat membelah Pulau Jawa.

Lantas benarkah letusan Gunung Slamet bisa menyebabkan Pulau Jawa terbelah?

Baca Juga: Aktivitas Pendakian 4 Gunung di Sumbar Ditutup usai Erupsi Gunung Marapi

Penjelasan Letusan Gunung Slamet

Menurut Koordinator Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Ahmad Basuki, anggapan bahwa erupsi Gunung Slamet bisa membelah Pulau Jawa tidak berdasar.

Berdasarkan catatan historis, Gunung Slamet memiliki Volcanic Explosivity Index (VEI) maksimal 2, dengan ketinggian kolom erupsi antara 1-5 kilometer.

Ini menandakan erupsinya tidak tergolong besar untuk meratakan atau membelah Pulau Jawa.

Baca Juga: Periksa 12 Saksi, Dewas KPK Tetap Lanjutkan Sidang Etik Meski Firli Bahuri Tak Hadir

"Jadi kalau berdasarkan sejarah erupsi tersebut tergolong tidak terlalu besar dan sepertinya tidak akan meratakan apalagi membelah Pulau Jawa," ungkap Ahmad, Selasa (19/12/2023), dikutip dari Kompas.com.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x