Kompas TV regional jabodetabek

Dimulai Hari Ini Pola Operasi KRL di Stasiun Manggarai Berubah, Jangan Sampai Salah Peron!

Kompas.tv - 20 Desember 2023, 12:01 WIB
dimulai-hari-ini-pola-operasi-krl-di-stasiun-manggarai-berubah-jangan-sampai-salah-peron
Pola operasi KRL Commuterline di Stasiun Manggarai berubah mulai hari ini, Rabu (20/12/2023). Hal itu seiring dengan pelaksanaan switch over (SO) ke-7. di Stasiun Manggarai. (Sumber: DJKA)
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pola operasi KRL Commuterline di Stasiun Manggarai berubah mulai hari ini, Rabu (20/12/2023).

Hal itu seiring dengan pelaksanaan switch over (SO) ke-7 di Stasiun Manggarai.

Switch over atau SO adalah kegiatan pemindahan jalur aktif yang dilakukan akibat adanya perubahan pola operasi yang disebabkan oleh adanya pembangunan, atau hal lain yang mengharuskan adanya peralihan jalur.

Berdasarkan keterangan resmi dari Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, SO ke-7 Stasiun Manggarai dilakukan seiring dengan pengaktifan jalur 1 dan 2 baru stasiun ini beserta peronnya, serta penomoran ulang jalur di Stasiun Manggarai.

Pada lantai dasar (at grade track) menjadi jalur 1 hingga jalur 8 yang diperuntukan untuk perjalanan Commuter Line Cikarang dan Commuter Line Basoetta serta KA Jarak Jauh.

Sedangkan untuk Commuter Line Bogor tidak mengalami perubahan dan tetap menggunakan peron yang sama.

Baca Juga: Gampang! Ini Cara Pesan Porter Kereta Pakai Aplikasi e-Porter | SINAU

Hal ini disusul dengan penyesuaian nomor jalur dan peron bagi pengguna Commuter Line di Stasiun Manggarai, dengan rincian sebagai berikut: 

  1. Pengguna Commuter Line Cikarang untuk tujuan Tanah Abang/Kampung Bandan yang semula dilayani pada peron antara jalur 6 dan 7 akan dialihkan menjadi pada peron di antara jalur 1 dan 2;
  2. Pengguna Commuter Line Cikarang untuk tujuan Bekasi/Cikarang yang semula dilayani pada peron jalur 8 akan dialihkan menjadi pada peron antara jalur 3 dan 4;
  3. Pengguna Commuter Line Feeder untuk tujuan Tanah Abang/Kampung Bandan yang semula dilayani pada peron jalur 6 dan 7, akan dialihkan menjadi pada peron antara jalur 1 dan 4;
  4. Pengguna Commuter Line Bandara Soetta yang semula dilayani pada jalur 9 akan dialihkan menjadi jalur 7 dan 8.

Baca Juga: Kemenhub Temukan 3 Maskapai Jual Tiket dengan Harga Melebihi Tarif Batas Atas

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Jakarta, Lukman Al Amin mengatakan, petugas akan disiagakan untuk membantu pergerakan penumpang pasca SO ke-7 ini.

Sehingga adaptasi penumpang dapat berlangsung lancar dan tidak menimbulkan kebingungan.



Sumber :



BERITA LAINNYA



Close Ads x