Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Pembaharuan Terumbu Karang Karimun Jawa

Kompas.tv - 13 Desember 2023, 15:13 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Balai Taman Nasional Karimunjawa Jepara, Jawa Tengah, mulai melakukan pembenahan terumbu karang yang rusak akibat kapal kandas di perairan Karimunjawa. Pemulihan ekosistem terumbu karang yang rusak ini menggunakan anggaran alokasi sebesar Rp3,5 miliar. Anggaran tersebut berasal dari dana kompensasi dari pemilik 14 kapal niaga yang kapalnya kandas di perairan ini antara tahun 2016-2023, sehingga menyebabkan rusaknya terumbu karang. Ada tujuh lokasi terumbu karang yang kini dalam perbaikan yaitu perairan Pulau Tengah bagian barat, perairan Pulau Cilik bagian barat, perairan Telaga, perairan Mrican, perairan Gosong Seloka, dan perairan Tanjung Gelam.

“Akibat kapal kandas, kita kenal namanya pemulihan ekosistem yang merupakan kegiatan menanam kembali lokasi yang terdampak. Tentunya dengan hitungan secara teknis maupun secara ekonomis. Cara teknisnya adalah dengan metode spyder web dan dengan berbagai model lainnya,” terang widyastuti, Kepala Balai Taman Nasional Karimunjawa.

Sementara itu, terkait seringnya kapal kandas di perairan Karimunjawa, pihak Taman Nasional Karimunjawa telah melakukan antisipasi dengan memberi tempat parkir bagi kapal saat terjadi gelombang pasang untuk berlindung. Sedangkan untuk penyelamatan terumbu karang, pihaknya bekerjasama dengan berbagai pihak untuk memulihkan dari kerusakan.

#karimunjawa #karang #jepara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x