Kompas TV regional jawa timur

Banjir di Dusun Beru Bumiaji, Air Sungai Meluap Masuk Rumah Warga

Kompas.tv - 8 Desember 2023, 18:35 WIB
Penulis : KompasTV Malang

BATU, KOMPAS.TV - Air sungai Paron yang tidak mampu menampung derasnya air meluap hingga masuk ke rumah warga, air yang meluap membawa material lumpur dan kayu.

Dari video amatir yang beredar, air bercampur lumpur meluap dari sungai Paron yang berada di Dusun Beru, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Luapan air sungai ini terjadi pada Jumat siang. Air bercampur lumpur serta material kayu masuk ke rumah warga.

Setelah banjir surut, warga membersihkan material lumpur yang sempat masuk ke puluhan rumah warga. Untung Suryadi, warga Beru mengatakan bahwa saat kejadian air yang datang langsung besar melewati jalan kampung. Saat kejadian cuaca di lokasi hujan namun tidak begitu deras. 

"Airnya langsung besar sekali, padahal hujannya gak seberapa lebat, ini banjir tahunan," kata Untung.

Sementara itu menurut Kepala Desa Edy Suyanto menjelaskan bahwa banjir yang terjadi adalah banjir tahunan. Luapan air sungai ini karena tidak adanya sudetan di Sungai Paron paron hingga sungai tidak mampu menampung debit air saat hujan deras.

"Ini banjir tahunan setiap tahun pasti terjadi karena minimnya sudetan yang ada di kali Paron kami sebenarnya sudah mengajukan ke Pemkot tapi blm ada respon," Kata Kades Bumiaji.

Warga berharap ada upaya dari Pemkot Batu untuk mengatasi banjir yang setiap tahun melanda wilayah Beru.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x