Kompas TV regional sumatra

Manisnya Usaha Melon Madu Hidroponik

Kompas.tv - 7 Desember 2023, 15:15 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Dengan lahan yang terbatas di depan rumahnya, Anhar bersama istri mulai menekuni konsep hidroponik untuk budidaya buah melon madu jenis honey globe.

Awalnya Anhar mempelajari pola tanam hidpronik melalui sosial media youtube, hingga akhirnya dirinya berhasil membudidayakan buah melon dengan omset sekali panen mencapai jutaan rupiah.

Proses pembibitan hingga panen tidak membutuhkan waktu panjang. Biasanya Anhar bisa memanen melon dalam waktu dua bulan. Ukuran berat melon ini pun beragam, mulai dari dua kilogram hingga 3,8 kilogram per buah.

Dalam sekali panen Anhar mampu menghasilkan 160 kilogram atau setara 80 buah melon, yang dijualnya seharga 25 ribu rupiah perkilogram.  

Selain rasanya yang manis dan lembut, jenis melon madu ini memang menjadi incaran warga Kota Banda Aceh, sehingga tak jarang banyak petani milenial kini memanfaatkan lahan tidur untuk budidaya buah dengan konsep tanam hidroponik.

Namun saat ini anhar masih terkendala belum adanya green house atau rumah kaca agar tanaman melonnya lebih terjaga dari paparan sinar matahari langsung maupun cuaca hujan.

 

 

Video Jurnalis : Nova Misdayanti

Editor              : Iwan Sudirja



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x