Kompas TV regional jabodetabek

4 Anak di Jagakarsa Diperkirakan Tewas Lebih dari 2 Hari, RS Polri Kramat Jati Lakukan Autopsi

Kompas.tv - 7 Desember 2023, 08:59 WIB
4-anak-di-jagakarsa-diperkirakan-tewas-lebih-dari-2-hari-rs-polri-kramat-jati-lakukan-autopsi
Jenazah 4 anak yang ditemukan tewas di Jagakarsa dibawa ke Instalasi Forensik RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (6/12/2023). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Jenazah empat anak yang ditemukan tewas di rumah kontrakan Jl. Kebagusan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (6/2/2023), telah dibawa ke Rumah Sakit (RS) Polri Kramat Jati untuk dilakukan autopsi.

Kepala Instalasi Forensik RS Polri Kramat Jati, Arif Wahyono, mengatakan bahwa pihaknya akan mencari penyebab kematian keempat anak tersebut. Namun demikian, proses autopsi akan memakan waktu lama.

“Nah ini mungkin agak lama karena kita harus periksa histopatologi dulu,” kata Arif, Rabu malam (6/12/2023).

Baca Juga: Penemuan 4 Jasad Anak di Jagakarsa: Orangtua Dikenal Tertutup, Sewa Kontrakan 9 Bulan

Uji histopatologi tersebut dilakukan dengan mengambil sampel jaringan tubuh dari jenazah anak untuk mengetahui kelainan sel atau jaringan yang menyebabkan kematian.

“Kita biasanya mencari sebab kematiannya dulu, ada luka-luka atau nggak, kemudian habis itu kita periksa histopatologi,” ujarnya.

Hasil pemeriksaan sementara menunjukkan bahwa empat anak tersebut sudah meninggal dunia lebih dari dua dari sebelum ditemukan. Kondisi jenazah juga sudah mulai membusuk.

“Sudah lebih dari dua hari (meninggalnya) kalau lihat foto TKP masih utuh. Kan sudah membusuk ya, jadi itu kekerasan atau bukan kita belum tahu,” ujar Arif.

Jika proses autopsi telah selesai, hasil autopsi dan uji laboratorium forensik akan diserahkan kepada penyidik Satrekrim Polres Metro Jakarta Selatan.

Diberitakan Kompas.tv sebelumnya, empat orang anak ditemukan dalam keadaan tewas membusuk di sebuah kamar yang terkunci di Jagakarsa, Rabu (6/12/2023).

Baca Juga: Sebelum 4 Jasad Anak Ditemukan di Jagakarsa, Ayah Korban Dilaporkan ke Polisi atas Dugaan KDRT

Penemuan jasad empat anak itu bermula dari laporan warga terkait adanya bau yang menyengat dari rumah tersebut. Polisi yang memeriksa lokasi menemukan jasad keempat anak berjejer di atas kasur.


Adapun, ayah dari anak-anak tersebut, P, ditemukan dalam kondisi terlentang dengan luka di tangan. P langsung dilarikan ke rumah sakit.

Ibu dari keempat anak, D, tengah dirawat di RSUD Pasar Minggu usai mengalami kekerasan rumah tangga (KDRT) oleh P.



Sumber : Kompas TV, Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x