Kompas TV regional sumatra

Badak Sumatera Kembali Lahir di Taman Nasional Way Kambas, Rekor Dua Bayi Badak dalam Setahun

Kompas.tv - 26 November 2023, 12:01 WIB
badak-sumatera-kembali-lahir-di-taman-nasional-way-kambas-rekor-dua-bayi-badak-dalam-setahun
Seekor bayi badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) berjenis kelamin jantan baru saja lahir hari Sabtu, (25/11/2023) di Suaka Rhino Sumatera Taman Nasional Way Kambas (SRS TNWK), dengan sang induk dan anaknya yang baru lahir ditemukan pagi pukul 8.19 WIB oleh pendamping satwa Sumatran Rhino Sanctuary atau Suaka Rhino Sumatra yang dikelola Yayasan Badak Indonesia, dan diperkirakan lahir pukul 4.00 WIB. (Sumber: KLHK / Sumatran Rhino Sanctuary)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Deni Muliya

WAY KAMBAS, KOMPAS.TV - Seekor bayi badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) berjenis kelamin jantan baru saja lahir pada Sabtu, (25/11/2023) di Suaka Rhino Sumatera Taman Nasional Way Kambas (SRS TNWK).

Bayi badak yang baru lahir itu ditemukan pukul 8.19 WIB dan diperkirakan lahir pukul 4.00 WIB oleh pendamping satwa Sumatran Rhino Sanctuary atau Suaka Rhino Sumatra yang dikelola Yayasan Badak Indonesia.

Sang bayi badak adalah kelahiran pertama dan belum dinamai dari pasangan Badak Delilah (betina) berusia 7 tahun dan badak Harapan.

"Berdasarkan laporan yang kami terima, badak Delilah melahirkan anak jantan di luar waktu perkiraan, yaitu sekitar pukul 04.00 WIB, Sabtu (25/11/2023), di hari kebuntingan ke-460, 10 hari lebih cepat dari perkiraan kelahiran," kata Satyawan Pudyatmoko, Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan KLHK.

"Pada pukul 08.19 WIB, badak Delilah ditemukan sudah bersama anaknya di hutan oleh penjaga satwa SRS TNWK," imbuhnya.

Satyawan menambahkan, kondisi induk dan anak badak terpantau baik. Kini anak badak sudah dapat berdiri tegak dan berjalan.

Tak lama setelah ditemukan, mereka sudah bisa menyusu induknya dalam posisi berdiri.

Saat ini, induk dan anak badak berada di dalam kandang perawatan (boma) SRS TNWK, dengan berat badan anak badak mencapai 25 kg.

SRS TNWK yang dikelola Balai Taman Nasional Way Kambas bersama Yayasan Badak Indonesia berlokasi di zona khusus Taman Nasional Way Kambas.

Tujuannya adalah menghasilkan anak badak sumatera untuk mempertahankan keberlangsungan hidup spesies badak sumatera yang kini terancam punah.

"Anak-anak badak sumatera hasil program pengembangbiakan di SRS TNWK ke depannya dapat dilepasliarkan kembali ke habitat alaminya,” kata Satyawan Pudyatmoko.

Baca Juga: Kabar Gembira! Satu Anak Badak Sumatera Lahir di Taman Nasional Way Kambas

Seekor bayi badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) berjenis kelamin jantan baru saja lahir hari Sabtu, (25/11/2023) di Suaka Rhino Sumatera Taman Nasional Way Kambas (SRS TNWK), dengan sang induk dan anaknya yang baru lahir ditemukan pagi pukul 8.19 WIB oleh pendamping satwa Sumatran Rhino Sanctuary atau Suaka Rhino Sumatra yang dikelola Yayasan Badak Indonesia, dan diperkirakan lahir pukul 4.00 WIB. (Sumber: -)


Sumber : KLHK / Yayasan Badak Indonesia


BERITA LAINNYA



Close Ads x