Kompas TV regional jawa barat

Sempat Hadir, Mimin dan 2 Anaknya Tolak Ikut Rekonstruksi Pembunuhan di Subang, Ini Alasannya

Kompas.tv - 22 November 2023, 16:53 WIB
sempat-hadir-mimin-dan-2-anaknya-tolak-ikut-rekonstruksi-pembunuhan-di-subang-ini-alasannya
Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat melaksanakan prarekonstruksi kasus pembunuhan Tuti Suhartini dan anaknya, Amalia Mustika Ratu, di Kabupaten Subang, Selasa (31/10/2023). (Sumber: KOMPAS/MACHRADIN WAHYUDI RITONGA)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

SUBANG, KOMPAS.TV - Tersangka kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang, Mimin Mintarsih dan kedua anaknya, Arighi dan Abi, menolak untuk mengikuti proses rekonstruksi yang digelar hari ini, Rabu (22/11/2023).

Mimin dan kedua anaknya sempat mendatangi lokasi rekonstruksi di Jalan Cagak, Subang. Namun, tak lama kemudian, ketiganya meninggalkan lokasi.

Pengacara Mimin dan anaknya, Rohman Hidayat, menjelaskan alasan Mimin, Arighi, dan Abi tak berkenan mengikuti rekonstruksi. Ia bilang bahwa ketiganya mengaku tidak ada di lokasi tempat kejadian perkara (TKP) ketika pembunuhan terjadi.

Baca Juga: Yosef Diteriaki Emak-emak yang Menonton Rekonstruksi Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang: Biadab!

“Mereka menolak karena meyakini tidak di TKP pada 17 Agustus 2023,” kata Rohman di lokasi rekonstruksi, Rabu.

Dengan absennya Mimin dan kedua anaknya, polisi pun melakukan rekonstruksi dengan pemeran pengganti untuk menunjukkan sejumlah adegan yang ada.


Sementara itu, tersangka Yosep Hidayah hadir dalam rekonstruksi. Namun demikian, Rohman menegaskan bahwa kliennya tetap membantah keterangan dari tersangka Danu.

“Yosep (ikut rekonstruksi), tapi menolak semua keterangan dan adegan yang diarahkan oleh Danu,” terang Rohman.

Ia menjelaskan bahwa Yosep ikut rekonstruksi karena ingin mengetahui sejauh mana keterangan yang diberikan Danu kepada polisi. Rohman bilang, Yosep sudah menyiapkan strategi untuk melawan kesaksian Danu.

Rekonstruksi dilakukan dengan para tersangka yang memperagakan 95 adegan sesuai dengan pengakuan Danu sebagai saksi kunci terkait pembunuhan Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu.

Baca Juga: Jadi Tersangka Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang, Mimin dan Dua Anaknya Ajukan Praperadilan

Adegan yang diperagakan mulai dari tempat kejadian perkara (TKP) awal di warnet tempat kerja Danu, kemudian di tempat makan pecel lele, di mana Danu dan Yosep bertemu.

Danu dan Yosep kemudian berangkat ke rumah Tuti di Jalan Cagak. Adegan ketika mobil Alphard diparkirkan juga diperagakan. Mobil Alphard tersebut merupakan lokasi mayat Tuti dan Amalia ditemukan.

 

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x