Kompas TV regional sumatra

Ratusan Rohingya Mendarat di Bireuen

Kompas.tv - 21 November 2023, 14:56 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BIREUEN, KOMPAS.TV - Ratusan pengungsi Rohingya mendarat di perairan Bireuen, Aceh. Mereka mendarat di Pantai Lhok Mambang, Kecamatan Gandapura, pada Minggu dini hari.

Saat kapal motor yang ditumpangi Rohingya mendekat ke pantai tersebut, tidak ada warga yang mengetahui, sehingga mereka langsung turun dari kapal menuju ke darat.

Padahal sebelumnya, gelombang pengungsi Rohingya tersebut telah ditolak untuk mendarat oleh warga di Kecamatan Jangka, Bireuen dan kemudian hal serupa juga terjadi di Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara.

Ada sebanyak 256 orang pengungsi Rohingya yang mendarat di pantai Lhok Mambang, terdiri dari 110 perempuan, 86 laki-laki, dan 60 orang anak-anak.

Kemudian ratusan pengungsi tersebut dipindahkan dari pantai Lhok Mambang ke tempat balai nelayan di desa Lapang Barat, Kecamatan Gandapura, Bireuen untuk ditempatkan sementara.

Namun warga dari sejumlah desa juga masih menolak para pengungsi tersebut ditempatkan dilokasi tersebut. Masyarakat hanya menerima mereka untuk diberikan makanan, dan kebutuhan lainnya sebelum nantinya dikembalikan ke laut.

Hingga minggu malam, para pengungsi tersebut masih berada dibalai nelayan setempat, menunggu keputusan pemerintah setempat terkait penanganannya.

Di Aceh, selain di Bireuen, pada Minggu dini hari juga ada dua kapal lainnya yang mendarat di dua kabupaten, yaitu Pidie dan Aceh Timur.

 

VJ       : Zikri Maulana

Editor  : Iwan Sudirja




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x