Kompas TV regional jawa timur

Meraup Cuan dari Bunga Sansivera, Begini Cara Budidaya Tanaman Serumpun Kaktus

Kompas.tv - 21 November 2023, 09:50 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Berawal dari hobi,  seorang ibu Rumah Tangga di Jember Jawa Timur, sukses budidaya tanaman bunga Sansivera di lahan sempit rumahnya. Serumpun dengan kaktus, tanaman ini mudah dirawat dan bisa mendatangkan cuan hingga Puluhan Juta per Bulan.

Adalah Erine Sofyan, warga Dusun Curah Ancar, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember, yang sukses meraup cuan dari budidaya tanaman bunga Sansivera.

Budidaya bunga Sansivera dilakukan di lahan sempit rumahnya. Tanaman ini satu rumpun dengan kaktus. Mudah dirawat, tak butuh banyak air dan hanya butuh sinar matahari secukupnya.

Erine lebih memilih menggunakan teknik pengembangan stek daun. Teknik itu dipilih karena tidak memerlukan banyak waktu. Selain stek daun, ada juga teknik penyerbukan silang untuk menghasilkan varietas baru dan unik.

Baca Juga: Hobi Budidaya Tanaman Aglonema Jadi Hoki

Erine kini dapat mengembangkan berbagai jenis tanaman bunga Sansivera. Ada trifasciata laurentii, lidah mertua tanduk, lidah mertua kerdil, pinguicula, kirkii, ehrenbergi dan dragon.

Erine memasarkan tanaman hias ini secara online. Satu tanaman bunga Sansivera dijual dengan harga 10 ribu rupiah, hingga 5 juta rupiah. Erine mampu meraup untung mulai 5 hingga 10 juta per Bulan. 

#BungaSansivera #SerumpunKaktus #TanamanHias



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.