Kompas TV regional jawa timur

Puncak GGBTK di Alun-alun Jember Tampilkan Seni Tradisi Tapal Kuda

Kompas.tv - 20 November 2023, 21:57 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, Puncak kegiatan Galang Gerak Budaya Tapal Kuda atau GGBTK digelar di Alun-Alun Kabupaten Jember Jawa Timur, pada Minggu Malam (19/11/2023). Berbagai kesenian budaya masyarakat tapal kuda, ditampilkan secara apik dalam kegiatan itu.

Penampilan tari samper sarung dan tari manuk dadali, menjadi pembuka pentas GGBTK di Alun-Alun Kota Jember. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI. Kegiatan ini digelar di sejumlah Kabupaten di tapal kuda dan puncaknya digelar di Kabupaten Jember.

GGBTK menampilkan berbagai kesenian tradisional khas tapal kuda dari 7 kabupaten,  yakni Jember, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

Baca Juga: Parade Drumband di Jember Dipadukan dengan Kesenian Daerah

Kabupaten Jember menampilkan kesenian tradisional ta butaan. Lalu ada kesenian Terbang Rudat dari Pasuruan, Tari Jaran Bodhag dari Probolinggo, Ritual Ojung dari Situbondo, Singo Ulung dari Bondowoso, Jaran Kencak dari Lumajang dan Tari Gandrung dari Banyuwangi.

Bupati Jember, Hendy Siswanto mengapresiasi kegiatan itu karena dapat mengembangkan kesenian tradisional tapal kuda.

Acara ini juga dimeriahkan dengan musikalisasi cerita rakyat Puger oleh Linkrafin dan Tari Watu Ulo kolaborasi dengan Jember Fashion Carnaval (JFC).

#seni #tradisi #tapalkuda



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x