Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Warga Dinar Indah Semarang Cemas Tanggul Sementara Jebol Lagi

Kompas.tv - 20 November 2023, 13:23 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS. TV - Pembangunan tanggul sementara atau tanggul darurat yang melindungi kompleks Perumahan Dinar Indah dari luapan banjir bandang Sungai Pengkol, sudah dikerjakan pada Februari 2023 lalu. Namun, saat ini kondisi tanggul sementara tampak sudah terkikis.

Memasuki bulan November yang sudah mulai turun hujan, warga pun mulai dilanda rasa khawatir. Supadi, salah satu warga Perumahan Dinar Indah, Meteseh, Tembalang, Kota Semarang, berharap bisa dibangunkan tanggul permanen, yang dinilai lebih kuat dan kokoh.

“Dari yang sudah jebol-jebol seperti ini, takutnya tidak kuat menahan airt sungai nantinya,” ujar Supadi.

Mengantisipasi datangnya bencana banjir, warga Perumahan Dinar Indah bergotong royong memasang kamera pengawas dan alarm peringatan secara swadaya. Selain itu, juga mengecek kondisi terkini debit aliran Sungai Pengkol secara manual saat hujan tiba, utamanya jika malam hari, karena minimnya penerangan. Warga dinar indah juga mempersiapkan sejumlah pakaian darurat yang dimasukkan ke dalam boks plastik, dan membuat tempat penyimpanan barang yang lebih tinggi, agar tidak terendam banjir.

Sementara itu, pembangunan bronjong di tepi Sungai Pengkol yang berdekatan dengan Perumahan Dinar Indah, sedang dibangun. Pembangunan ini sudah dilakukan sejak Senin (13/11/2023) kemarin, dan ditargetkan akan rampung selama tiga minggu pengerjaan. Rencananya bronjong ini akan dibangun sepanjang 26 meter.

#perumahandinarindah #banjir #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x