Kompas TV regional jabodetabek

Hari Ini Kualitas Udara DKI Jakarta Membaik, Tak Termasuk dalam 20 Terburuk Sedunia

Kompas.tv - 20 November 2023, 19:26 WIB
hari-ini-kualitas-udara-dki-jakarta-membaik-tak-termasuk-dalam-20-terburuk-sedunia
Ilustrasi kualitas udara Jakarta pada Selasa (21/8/2023). Pada hari ini tepatnya Senin (20/11) pagi tadi, kualitas udara di DKI Jakarta membaik lantaran tidak termasuk dalam 20 besar kota dengan udara terburuk di dunia versi IQAir. (Sumber: Kompas TV/Dian Nita)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Data dari situs IQAir menunjukkan bahwa kualitas udara di Jakarta tidak termasuk dalam 20 besar kota dengan udara terburuk di dunia, Senin (20/11/2023) pagi tadi.

Dengan indeks kualitas udara (AQI) sebesar 107, Jakarta menduduki peringkat ke-23, menandakan tingkat polusi udara PM2.5 dengan konsentrasi 38 mikrogram per meter kubik, yang masuk dalam kategori tidak sehat.

Baca Juga: Polres Metro Jakarta Pusat Catat Penipuan Konser Coldplay Sebanyak 400 Tiket dengan Rugi Rp 1,3 M!

Melansir Antara, angka AQI di Jakarta saat ini mengindikasikan kondisi yang tidak sehat bagi kelompok sensitif, termasuk manusia dan hewan, serta berpotensi merusak tumbuhan dan nilai estetika lingkungan.

Sementara itu, kategori AQI baik dengan rentang PM2.5 0-50 menunjukkan tidak ada efek negatif terhadap kesehatan manusia, hewan, dan tidak merugikan tumbuhan serta nilai estetika.

Baca Juga: Pianis Dunia Berdarah Indonesia, George Harliono Akan Gelar Amal Konser di Jakarta

Kota dengan kualitas udara terburuk hari ini yakni Lahore (AQI 348), Karachi (255), Delhi (244), Hanoi (193), Baghdad (182), dan Dhaka (170).

Sementara itu, Jakarta berada di urutan ke-23, menunjukkan situasi yang relatif lebih baik.

Baca Juga: Lay EXO Gelar Fan Meeting Gratis di Jakarta Desember 2023, Berikut Cara Daftarnya

Sebelumnya, Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengeluarkan kebijakan untuk mengatasi polusi udara, termasuk pembentukan Satuan Tugas Pengendalian Pencemaran Udara.

Satgas ini bertugas menyusun SOP penanganan polusi udara, mengendalikan polusi dari industri, serta memantau kualitas udara dan dampaknya terhadap kesehatan.

Baca Juga: Sorotan Konser Perdana Coldplay di Jakarta: Heboh Guyonan Chris Martin 'Pinjam Seratus'!

Pemprov DKI Jakarta terus melakukan evaluasi dan penyesuaian kebijakan untuk mengatasi pencemaran udara secara efektif, menargetkan hasil yang tepat sasaran dan berdampak nyata terhadap perbaikan kualitas udara.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x