Kompas TV regional kalimantan

Puncak Festival Literasi Libatkan 60 Sekolah di Banjarbaru

Kompas.tv - 19 November 2023, 16:57 WIB

BANJARBARU, KOMPAS.TV - Ratusan pelajar tingkat SD dan SMP di Kota Banjarbaru terlihat antusias mengikuti puncak kegiatan festival literasi di depan Balai Kota Banjarbaru, sabtu pagi (18/11/2023).

Menggunakan kostum yang menarik para peserta yang meramaikan lomba parade literasi dengan yel-yel yang semangat juga melakukan flash mob literasi yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin.

"Acara ini rutin tiap tahunnya sebagai wahana kita memperkenalkan dan mengedukasi juga meningkatkan minat baca untuk generasi muda kita," terang Aditya.

Baca Juga: Pemuda di Banjarmasin Turun Ke Jalan Gelar Aksi Solidaritas Mendukung Palestina

Kegiatan tahunan yang bertujuan dapat meningkatkan minat baca di Kota Idaman tahun ini dirangkai dengan 26 kegiatan seperti lokakarya dan bimbingan teknis, lomba membuat komikstrip, hingga lomba pidato berbahasa inggris.

Festival literasi dibuat agar menjadi wahana untuk memperkenalkan, mengedukasi juga meningkatkan minat baca para generasi muda di Banjarbaru.

Diharapkan Banjarbaru sebagai ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan dapat menjadi barometer untuk literasi di Kalimantan Selatan.

"Festival ini libatkan banyak kegiatan, 26 item ada lomba-lomba, pidato bahasa inggris, bahasa banjar," tutur Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Banjarbaru, Slamet Riyadi.

Baca Juga: Menteri KLHK Apresiasi Rumah Anggrek PLN Nusantara Power

Seorang pegiat literasi asal Makassar, Ita, turut hadir dan menyaksikan puncak acara festival literasi di Kota Banjarbaru ini.

Ia mengatakan di tempat asalnya festival literasi banyak dibuat oleh komunitas bukan oleh pemerintah daerah seperti di Banjarbaru.

"Mau liat festival literasinya bagaimana teman-teman di sini animonya masyarakat, animonya para pelajar," ungkap Ita.
Menurutnya Ita, antusias para pelajar untuk mengikuti dan memaknai festival literasi menjadi hal yang membedakan festival literasi yang digelar di Makassar karena pesertanya yang kebanyakan berasal dari komunitas.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x