Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Terobosan Baru, Gerakan Lawang di Dodok Jo Lali Mangan Endog

Kompas.tv - 17 November 2023, 15:17 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS. TV - Berbagai inovasi terus dilakukan Dinas Pengendalian Penduduk (Disdalduk) KB Kota Semarang dalam rangka membantu pemerintah mengatasi stunting di Ibu Kota Jawa Tengah ini. Disdalduk KB meluncurkan gerakan “Lawang di Dodok Jo Lali Mangan Endog (Telur)”.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu atau akrab disapa Mbak Ita menjelaskan, gerakan ini merupakan kolaborasi bersama Cempaka, Genre, dan Dashat.

“Kadang-kadang ada yang malu kalau anaknya stunting, dia gak mau menunjukan anaknya itu di luar. Jadi ini adalah kolaborasi untuk bagaimana anak-anak yang stunting ini jumlahnya semakin kecil dan bahkan nol di tahun 2024,” ungkap Mbak Ita.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Semarang, Lilik Faridah mengungkapkan, konsep Lawang di Dodok Jo Lali Mangan Endog adalah pemberian pendampingan yang dilakukan kader pendamping keluarga dengan sasaran calon pengantin, ibu hamil, dan anak di bawah usia dua tahun. Dengan memberi edukasi makanan bergizi, memberikan stimulan gizi bagi keluarga tidak mampu, dan layanan KB paska salin yang bertujuan menghindari 4T dan resiko stunting.

“Endog (telur) itu sebagai simbol bahwa semuanya itu membutuhkan protein, nah mungkin selama ini masyarakat ada yang mengerti ada yang belom bahwa protein itu digunakan untuk perkembangan dan pertumbuhan untuk 1000 HPK. Itu yang kita sampaikan dan simbolis dari protein itu yang banyak dan mudah dijumpai masyarakat adalah telur,” jelas Lilik.

Gerakan yang diinisiasi Disdalduk KB Kota Semarang ini disambut gembira oleh warga. Supriyah, warga Sembungharjo, menilai pemberian makanan tambahan atau PMT berupa telur dapat membantu mengurangi angka stunting.

“Ya cukup baik, alhamdulillah respon masyarakat juga baik, kalau bisa diteruskan kembali,” ucap Supiyah.

Lawang di Dodok Jo Lali Mangan Endog ini merupakan salah satu ikhtiar Disdalduk KB Kota Semarang bersama stakeholder lainnya dalam membantu pemerintah menurunkan zero stunting di Kota Semarang.

#disdaldukkb #mbakita #semarang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x