Kompas TV regional jawa timur

Dampak Cabai Mahal, Produsen Sambal Kemasan Kurangi Produksi

Kompas.tv - 15 November 2023, 19:29 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Produsen sambal kemasan di Kota Malang sejak mahalnya harga cabai mengurangi jumlah produksi.

Produsen sambal olahan Mamani yang berada di kawasan Blimbing, Kota Malang salah satunya. Sejak kenaikan harga cabai hingga 100% membuat produsen sambal harus memutar otak. 

Berhenti produksi jelas tidak mungkin dilakukan. Produsen sambal kemasan ini memilih mengurangi jumlah produksi hingga 30%.

Akibat pengurangan ini, stok sambal kemasan juga berkurang. Henny Wardhani, produsen sambal kemasan ini mengaku dalam satu minggu, dirinya membutuhkan hingga satu kwintal cabai segar. 

Sejak mahalnya harga cabai, dirinya lebih memprioritaskan pesanan dari konsumen dan reseller agar produksi bisa terus berjalan.

Mamun henny mengakui, kenaikan harga cabai justru membuat permintaan sambal kemasan ini lebih meningkat. Karena sambal kemasan ini dianggap lebih praktis.

"Ya kita tetap berproduksi seperti biasa, karena harga cabainya lagi mahal kita mengurangi volume produksi, jadi kita stok untuk barang jadi tidak terlalu banyak," Kata Henny.

Produsen sendiri mengakui kenaikan harga cabai memang kerap terjadi dalam satu tahun, namun produsen berharap agar harga cabai bisa kembali stabil, sehingga produksi dapat kembali berjalan normal.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x