Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Mengenang Jasa Pahlawan, Siswa SD Diajak Ziarah Ke Makam

Kompas.tv - 13 November 2023, 13:36 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sebanyak 175 siswa dari SDN Pekunden, SDN Brumbungan dan SDN Pendrikan 01, melakukan ziarah dan tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal Semarang.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November dan sebagai salah satu upaya mengenalkan dan mengingatkan kepada generasi muda, khususnya siswa sekolah dasar tentang jasa-jasa para pahlawan. Siswa serta guru juga mengenakan baju dan berdandan seperti tokoh pahlawan.

“Melaksanakan ziarah kubur ke makam pahlawan. Tujuannya mengajari anak-anak arti pentingnya ingat dengan para pejuang pahlawan kita. Di sini anak-anak diajari etika masuk makam, berdoa kepada arwah-arwah pahlawan, dan etika nyekar di lapangan. Harapannya, mengingatkan jasa para pahlawan yang saat ini jejak kakinya berada di anak-anak,” ujar Abdul, Kepala SDN Pekunden.

Selain untuk mengingat jasa para pahlawan yang telah gugur, dengan mengajak siswa-siswa tersebut ke Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal Kota Semarang, diharapkan bisa memunculkan semangat dan bisa melanjutkan estafet perjuangan pahlawan.

“Kami mendampingi anak-anak dalam rangka ziarah ke makam pahlawan untuk mengenal para pahlawan kita, dengan membacakan biografi para pahlawan,” tutur Serka Yoggi, Babinsa Pekunden.

Para siswa tampak antusias mengikuti kegiatan ziarah dan tabur bunga untuk memperingati Hari Pahlawan, dan menambah pengetahuan tentang jasa para pahlawan.

“Lebih tahu tentang pahlawan, jadi ingin mengenal pahlawan lebih dalam lagi,” ujar Betari & Dewi, siswi.

Usai mengikuti acara tabur bunga dan doa bersama, para siswa diajak melihat  film pendek tentang perjuangan para pahlawan

#haripahlawan #upacara #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x