Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Soal Dugaan Pelecehan Seksual, UNY Tunggu Mahasiswa Melapor, Terduga Pelaku Merasa Difitnah

Kompas.tv - 11 November 2023, 21:30 WIB
soal-dugaan-pelecehan-seksual-uny-tunggu-mahasiswa-melapor-terduga-pelaku-merasa-difitnah
Ilustrasi pelecehan seksual. Viral dugaan pelecehan seksual di UNY. (Sumber: Envato)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Netizen dihebohkan dengan unggahan akun X @UNYmfs yang menyampaikan adanya dugaan pelecehan seksual yang dialami oleh mahasiswa baru Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Unggahan tersebut menyertakan tangkapan layar yang berisi intimidasi dari pelaku. Pelaku mengancam akan memerkosa korban dan menyebarkan foto telanjang.

Aku ga nyangka kuliah di /uny malah direndahin kaya gini... Jadi aku maba dan kenalan sama kating ini dari bulan Februari, waktu itu kenal karena acara fakultas. Kukira dia baik, ternyata dia cab*l, aku udh dilecehin sama dia dari Oktober, sampe sekarang," tulisnya.

Pelaku disebut sebagai salah satu anggota Badan Eksekutif Mahasiswa di salah satu fakultas di UNY. Unggahan itu juga menyertakan nomor induk mahasiswa (NIM) dari terduga pelaku.

Baca Juga: Viral Dugaan Pelecehan Seksual di UNY, Dekan FMIPA Sebut Ada Indikasi Fitnah

Kata UNY

Kasubag Humas UNY Sudaryono mengatakan bahwa pihaknya belum mendapatkan informasi lebih lanjut soal dugaan pelecehan seksual di kampusnya. Ia mengatakan bahwa penyelidikan terhadap unggahan dari @UNYmfs telah dilakukan.

“Masih dalam proses penyelidikan oleh tim yang berwenang (etik mahasiswa),” kata Sudaryono, Jumat (10/11/2023).

Ditanya soal kebenaran NIM yang ada pada unggahan tersebut, Sudaryono mengaku pihaknya masih belum mendapatkan datanya.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Akademik dan Kemahasiswaan UNY Prof Guntur mengatakan bahwa pihaknya belum menerima laporan mahasiswa atau pihak yang terkait dengan unggahan tersebut.

“Masih menunggu mahasiswa melapor ke kami. Dari tadi pagi sampai saat ini belum menerima laporan atau orang yang merasa pelapor ataupun korban,” kata Guntur, Jumat.


Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sumber Data Fakultas MIPA UNY Ali Mahmudi mengatakan bahwa pihaknya juga tengah menelusuri kebenaran dari unggahan dugaan pelecehan seksual tersebut.

Baca Juga: Soal Isu Dugaan Pelecehan Seksual Mahasiswa FMIPA UNY, Terduga Pelaku Bakal Lapor Polisi

Kata Terduga Pelaku

Terpisah, MF, mahasiswa Fakultas MIPA semester 5 yang memiliki NIM sama seperti di unggahan tersebut mengaku merasa difitnah atas adanya dugaan pelecehan seksual yang mengarah padanya.

“Saya selaku MF, orang yang difitnah untuk melakukan tindak kekerasan seksual,” kata MF.

Ia menegaskan tidak pernah melakukan kekerasan seksual kepada siapa pun. Unggahan tersebut juga membuatnya merasa dirugikan.

MF siap menempuh jalur hukum karena mendapatkan ancaman dan percobaan mengambil alih akun dari media sosial miliknya usai unggahan itu viral.

Tak hanya itu, identitas dan fotonya juga beredar di media sosial.

 

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x