Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Ciptakan Robot Persawahan Cerdas, Siswa MAN Brebes Raih Juara

Kompas.tv - 6 November 2023, 13:29 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BREBES, KOMPAS.TV - Dalam menguji kemampuan siswa, MAN 1 Brebes mengirimkan tiga tim robotik yaitu tim the journey, tim brambang, dan tim the valley, untuk adu kebolehan dalam kompetisi robotik yang terselenggara atas kolaborasi Kementerian Perdagangan, Industry, dan Energi Korea Selatan, Korea Institute For Robot Industry Advancement, dan Korea Association of Robot Industry.

Kategori meliputi persawahan cerdas, robot persawahan, dan alat pendeteksi kriminalitas di perumahan.

Para siswa memilih proyek persawahan cerdas berharap dapat membantu para petani bawang merah di Brebes. Semua komponen yang digunakan dibeli secara lokal dengan biaya kurang dari Rp 1 juta.

“Karena kearifan lokal Kabupaten Brebes ini terkenalnya dengan bawang merah, jadi kami akan membawakan bawang merah ini ke go internasional. Jadi kami menciptakan alat ini yaitu smart prototype farming atau bahasa Indonesianya itu persawahan cerdas untuk membantu para petani yang ada di Kabupaten Brebes. Untuk cara kerjanya ini menggunakan sistem otomatis, jadi ada alat atau sensor penyiraman bawang secara otomatis dan juga ada penutup bawang merah secara otomatis untuk melindungi bawang merah yang sudah siap dipanen dari hama,” ujar Adhieanda Putra Abidin, siswa peserta kontes robotik.

Robotik merupakan bagian dari ekstra kurikuler yang menjadi ikon di MAN 1 Brebes yang mampu mengantarkan siswanya ke pendidikan di luar negeri.

“Untuk peningkatan dari robotik sendiri, madrasah aliyah memberi kebebasan pada anak-anak untuk berkreasi dalam pengembangan khususnya robotik. Robotik ini di asah oleh Mas Iskandar dan Pak Eko sebagai tim pendamping. Setiap ada event robotik, beliau-beliau yang mendampingi. Tetapi untuk kegiatan-kegiatan robotik ini memang terjadwal secara rutin untuk latihannya. ” tutur Ma'mun Hakim, Wakil Kepala Kesiswaan MAN 1 Brebes.

Di masa depan pemuda Indonesia diharapkan dapat bersaing dalam menciptakan teknologi di berbagi bidang.
 

#kompetisirobotik #man1brebes #brebes



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x