Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Dukun Pengedar Uang Palsu di Rembang Ditangkap

Kompas.tv - 6 November 2023, 13:44 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

REMBANG, KOMPAS.TV - Sarmin alias Minto warga Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bulu, Rembang, Jawa Tengah diamankan aparat kepolisian lantaran menjadi pengedar uang palsu. Pria yang mengaku sebagai dukun ini diamankan polisi usai menipu pasiennya yang meminta bantuannya. Modus yang digunakan pelaku yakni dengan meminta kepada para korbannya untuk menyiapkan uang mahar untuk larung sebagai buang sial ke laut. Namun, oleh pelaku uang tersebut justru diganti dengan uang palsu. Polisi yang mendapat laporan langsung mengamankan pelaku di rumahnya. Dari tangan pelaku polisi mengamankan uang palsu pecahan Rp 100.000 senilai Rp 43 juta.

“Kronologis dari penangkapannya adalah seorang korban yang melapor sedang berobat alternatif. Pelaku SR ini meminta mahar sebesar Rp 900.000, namun uang itu diserahkan kemudian oleh SR ini yang bisa mengubah itu mengganti dengan isi uang yang sama dimasukkan ke amplop tidak boleh dibuka, lalu diarahkan dibuang ke laut,” ujar AKBP Suryadi, Kapolres Rembang.

Dari keterangan pelaku, uang palsu tersebut dibeli dari seseorang di wilayah Bekasi. Ia membeli uang palsu senilai Rp 110 juta dengan uang asli sebesar Rp 9 juta. Pelaku mengaku sudah mengedarkan sebagian uang palsunya ke sejumlah daerah diantaranya Kabupaten Blora dan Malang, Jawa Timur.

Akibat perbuatannya, kini tersangka terancam dijerat pasal 245 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

#dukun #uangpalsu #rembang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x