Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Lestarikan Budaya Jawa Lewat Lomba Karawitan

Kompas.tv - 30 Oktober 2023, 15:09 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Suasana lomba karawitan berlangsung dengan semarak, dari dalam gedung pertunjukan Museum Ranggawarsita Kota Semarang, Selasa siang (24/10/2023). Suara para sinden terdengar merdu dipadukan dengan alunan musik gamelan khas Jawa Tengah. Terlihat tangan-tangan para pelajar ini memainkan musik dengan lihai.

Lomba ini, diikuti oleh kelompok seni karawitan dengan rentang usia 13 hingga 19 tahun atau tingkat pendidikan SMP dan SMA. Dengan membawakan dua gending, yang pertama adalah gending wajib yakni Ladrang Lindur karya Maestro Karawitan Ki Narto Sabdo, dan gending yang kedua adalah gending bebas. Setidaknya ada enam kelompok seni karawitan dari 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah yang lolos nominasi lomba karawitan tingkat Provinsi Jawa Tengah 2023 ini.

Untuk menentukan juara yang dinilai dari penampilan pertunjukan lomba karawitan ini adalah kebenaran, keselarasan, dan kompakan atau harmonisasi.

“Ada tiga hal yang sangat menentukan dalam proses penilaian itu sendiri, yang pertama tentang kebenaran dari masing-masing unsur, terus kelarasan , yang ketiga adalah kekompakan atau keserasian harmoni dari semua unsur-unsur yang ada,” ujar Blacius, dewan juri.

Salah satu pelatih sanggar seni merdayu dari Kota Semarang, Esti Setyawati, yang mengikuti final lomba karawitan ini mengaku tidak kesulitan untuk mengajarkan kesenian karawitan kepada anak didiknya karena mereka belajar dengan sepenuh hati. Ia berharap pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Kota Semarang terus menggelar event kesenian agar kebudayaan nusantara terus lestari.

“Tidak begitu sulit, karena anak-anak itu sudah dari hati jadi bener-bener kalau mereka Latihan itu sangat-sangat memperhatikan dan mengikuti didikan guru di dalam belajar untuk tabuhan-tabuhannya itu,”  ungkap Esti Setyawati.

“Yang pasti saya juga ingin ikut serta dalam melestarikan budaya juga, kalau kesulitan sih engga sih kak,” ucap  Natasya Aurelia Putri, peserta lomba karawitan.

Para pelajar yang mengikuti lomba ini mengaku senang dengan digelarnya lomba karawitan tingkat Provinsi Jawa Tengah 2023 karena selain menambah teman dari luar kota, acara ini menjadi ajang mereka untuk menunjukkan bakat dan minat di bidang seni budaya, utamanya karawitan.

#lombakarawitanting #senibudaya #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x