Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Rumah Pompa di Semarang Siap Hadapi Musim Hujan

Kompas.tv - 30 Oktober 2023, 15:13 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Persiapan mengahadapi musim penghujan di Kota Semarang mulai dilakukan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang dengan mengoptimalkan mesin pompa di 48 rumah pompa di Kota Semarang. Sejumlah 48 rumah pompa dengan 60 mesin pompa kapasitas 83.620 meter kubik per detik yang berada di wilayah utara, tengah, serta timur Kota Semarang, dinilai mampu mengatasi genangan di lokasi yang sering terjadi genangan, saat kondisi hujan dengan curah hujan tinggi.

Untuk mengoptimalkan rumah pompa yang dimiliki Pemerintah Kota Semarang, secara berkala petugas melakukan pengecekan serta pembersihan saluran air yang menuju ke rumah pompa. Pengecekan yang dilakukan setiap hari ini dinilai akan mampu mengatasi kondisi banjir saat terjadi hujan deras.

“Di perubahan ini kita memberikan tiga pompa portable, dengan adanya pompa portable kita bisa mobile, dimana ada genangan kita bisa kirim ke sana. Mudah-mudahan upaya maksimal kita ini membuahkan hasil nanti di musim penghujan,” ujar Suwarto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang.

Dengan dilakukannya persiapan sejak dini pada rumah pompa di Kota Semarang ini, diharapkan dapat mengatasi banjir yang sering melanda wilayah tengah, utara, serta timur Kota Semarang. Selain melakukan upaya pengecekan mesin pompa, DPU Semarang juga melakukan upaya pembenahan drainase serta pembersihan saluran air.

#musimpenghujan #dpusemarang #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x