Kompas TV regional sumatra

Simulasi Evakuasi Mandiri Lewat Peringatan Dini Siaran Digital

Kompas.tv - 27 Oktober 2023, 15:18 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Simulasi sistem digital lewat early warning system siaran digital ini di uji langsung oleh wakil Menteri Komunikasi, Nezar Patria. Uji coba peringatan dini bencana ini untuk melihat  sinkronisisi data dan kesiapsiagraan dengan publik, termasuk menentukan titik evakuasi dan deteksi lokasi bencana dengan sms blast.

Sistem peringatan dini bencana siaran digital ini menjadi sistem informasi untuk memberikan peringatan dan tanggap bencana sehingga masyarakah  tau apa yang harus di lakukan saat bencana terjadi.

Bila terjadi bencana seperti gempa bumi dan tsunami, maka televisi digital akan terhenti sementara, lalu akan muncul siaran peringatan dini bencana. Maka, penonton bisa melakukan evakuasi mandiri.

Pemilihan Kota Banda Aceh sebagai lokasi simulasi karena kondisi daerah ini termasuk daerah rawan bencana. Seperti kejadian gempa, dan tsunami pada tahun 2004 silam.

Siaga bencana dengan fitur early warning system siaran digital, menjadi salah keutungan beralihnya siaran analog ke digital. Nantinya sinyal EWS dikirim berdasarkan tempat perangkat digital berada yang menggunakan kode pos, dan seluruh siaran digital akan terhenti sementara berganti dengan siaran peringatan dini bencana.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x