Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Mbak Ita Apresiasi Urban Farming Modern di Sekolah

Kompas.tv - 26 Oktober 2023, 14:22 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu memberikan apresiasi yang luar biasa saat melihat urban farming yang dilakukan anak- anak siswa Sekolah Nasional Nusaputera Kota Semarang. Urban farming Sekolah Nusaputera ini dilengkapi dengan teknologi modern dimana untuk penyiraman tanaman dengan menggunakan sensor.

Jika suhu panas secara otomatis sensor akan bekerja dan tanaman akan tersiram air. Metode lain penyiraman juga dengan mengukur kelembaban tanah, jika tanah kering air akan keluar secara otomatis  dan sebaliknya jika tanah sudah lembab aliran air akan mati sendiri.

"Ada satu apresiasi yang sangat luar biasa, karena tadi menunjukkan bahwa sekolah ini kan salah satu bagaimana membuat anak muda memiliki karakter yang luar biasa. Tadi campur kan anak-anak ini dari berbagai suku ya, agama, maupun asal, tapi mereka menjadi satru. Kegiatan ini sangat luar biasa dari urban farmingnya yang sangat modern, ini yang diperlukan di saat seperti ini bagaimana kolaborasi dari ketahanan pangan dan teknologi untuk memacu pertumbuhan tanaman," tutur Mbak Ita.

Teknologi untuk kebutuhan urban farming adalah hasil karya siswa sendiri yang berfungsi untuk menjaga tanaman tetap subur.

"Yang diceritakan oleh Bu Ita tadi itu adalah pengembangan yang dilakukan oleh SMK Nusaputera 1, jadi mereka yang mengembangkan dari dalam bahkan juga sampai melayani pemesanan di luar," jelas Ridwan Sanjaya, Ketua Yayasan Sekolah Nasional Nusaputera.

Selain alat siram otomatis, tananan yang ada dilingkungan sekolah juga di lengkapi dengan barcode dimana siswa bisa belajar tentang tanaman dan manfaat dari tumbuhan atau buah dari tanaman tersebut. Tidak itu saja siswa juga dibekali cara membuat hasil panen seperti jus, es bunga telang, dan menu lainnya serta cara pemasarannya.

 

#urbanfarming #sekolahnusaputera #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x