Kompas TV regional jawa timur

Pasokan Berkurang, Harga Cabai di Malang Melambung Tinggi

Kompas.tv - 25 Oktober 2023, 20:45 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Sejak beberapa pekan terakhir harga cabai rawit di Kota Malang terpantau naik, kenaikan dipicu berkurangnya pasokan dari petani.

Di Pasar Besar Kota Malang, kenaikan terjadi pada semua jenis cabai, yakni cabai hijau, cabai merah besar dan cabai rawit. Kenaikan cukup signifikan terjadi pada cabai rawit, yang kini mencapai Rp 65 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp 30 ribu per kilogram 

Agus Salam, salah satu pedagang di Pasar Besar Malang ini mengaku, kenaikan cabai terjadi sejak beberapa pekan terakhir, namun lonjakan cukup tinggi terjadi pada lima hari terakhir. Selain cabai kenaikan tinggi juga terjadi pada jeruk purut yang sebelumnya di harga Rp 18 ribu per kilogram naik menjadi Rp 30 ribu per kilogram.

Menurut Agus, kenaikan beberapa harga komoditi pangan terjadi karena pasokan dari petani berkurang akibat musim kemarau panjang. Agus juga menambahkan, untuk saat ini, dirinya mendatangkan cabai dari luar Kota Malang alang, karena di kawasan Malang sendiri belum ada panen cabai.

"Lombok besar , lombok lalap, lombok kecil sama jeruk nipis yang naik banyak, lombok kecil Rp 65 ribu, lombok besar Rp 40 ribu, lombok lalap ijo itu Rp 50 ribu," Terang Agus Salam.

Berbeda dengan cabai yang terus naik, harga bawang merah justru turun drastis, jika sebelumnya bawang merah Rp 40 ribu per kilogram kini turun menjadi Rp 20 ribu per kilogram. Sementara untuk bawang putih masih stabil di harga Rp 20 ribu per kilogram.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x